Follow Us

Foto Mat Ari Anak Jenderal Ramai Dibahas, Ini Tampang Pentolan Mafia Kayu yang Langsung Digulung Kapolda Riau

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 19 November 2021 | 15:15
Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi. Agung langsung terjun ke lokasi pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil.
Istimewa

Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi. Agung langsung terjun ke lokasi pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil.

Fotokita.net - Foto Mat Ari atau biasa disebut Anak Jenderal dengan berbaju tahanan ramai dibahas oleh netizen di media sosial. Ini tampang pentolan mafia kayu yang membalak hutan secara ilegal. Dia langsung digulung Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Kasus pembalakan hutan di wilayah Riau sudah lama terjadi. Isu pembalak liar yang mendapatkan beking dari aparat juga kerap diembuskan. Salah satunya, mafia kayu yang disebut Anak Jenderal.

Informasi yang simpang siur itu membaut hati Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi. Agung langsung terjun ke lokasi pembalakan liar tersebut pada Rabu (17/11/2021). Bersama Direktur Reskrimsus, Dansat Brimob dan Kabid Humas, Jenderal bintang dua ini menyisir masuk hingga ke jantung hutan lindung Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (GSK), yang merupakan lokasi illegal logging.

Agung menegaskan, jajarannya akan memburu mereka yang terlibat illegal logging di Cagar Biosfer GSK. Buktinya, Polda Riau yang dipimpinnya berhasil menggulung Mat Ari alias Anak Jenderal yang terkenal licik. Rekan Mat Air, Heri Muliyono juga ditangkap. Keduanya diduga sebagai dalang dalam kasus tersebut.

“Kita akan kejar kaki tangan dari kelompok anak Mat Ari alias Anak Jenderal ini,” ujar Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi di lokasi.

Baca Juga: Foto Anggota Polsek Delitua Nyaris Dibogem Warga Medan Disebarkan, Bripka Panca Simanjuntak Bikin Kapolda Sumut Malu, Ini Kronologinya

Mat Ari alias Anak Jenderal diketahui sebagai cukong dan pemodal di balik aktivitas ilegal tersebut. Sementara Heri Muliyono diduga sebagai kaki tangannya. “Hari ini, Jenderal beneran yang datang ke sini untuk menangkap kelompok Mat Ari alias anak jenderal. Tentunya kita akan dalami lagi,” lanjut Agung saat mengunjungi lokasi pembalakan.

Tim Polda Riau menemukan kegiatan pemuatan kayu log di tepi sungai Siak Kecil. tim menghentikan kegiatan tersebut dan menanyakan siapa pemilik kayu log didiperoleh keterangan bahwa pemiliknya adalah Mat Ari alias Anak Jenderal yang kemudian berhasil diamankan.

Dari situ dilakukan penyisiran dugaan pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil dan ditemukan barang bukti kayu ratusan tual dengan jenis rimba campuran. "Benar, kita gulung komplotan illegal logging di Sungai Mandau di Teluk Nibung dan juga Sungai Linau," kata Agung.

Agung mengatakan komplotan mafia kayu yang dipimpin pelaku bernama Mat Ari alias Anak Jenderal itu ditangkap oleh tim gabungan yang diback up personel Brimob. Operasi penangkapan itu setelah sehari sebelumnya dilakukan patroli udara dan menemukan aktivitas perambah hutan di beberapa lokasi.

Baca Juga: Foto Tampang Pria Ngamuk di Depok Disebarkan, Tim Jaguar Mau Dibubarkan Kapolda Metro Jaya, Ini Penyebabnya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest