Follow Us

Kartu Nama Tulisan Arab Keluar dari Dompet, Ustaz Abdul Somad Langsung Digiring Keluar dari Negara Ini, Foto Sang Ulama Ramai Dibahas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 17 Mei 2022 | 19:45
Ustaz Abdul Somad mengeluarkan kartu nama tulisan Arab. Akibatnya, dia langsung digiring keluar dari negara ini. Foto sang ulama viral.
Facebook

Ustaz Abdul Somad mengeluarkan kartu nama tulisan Arab. Akibatnya, dia langsung digiring keluar dari negara ini. Foto sang ulama viral.

Fotokita.net - Ustaz Abdul Somad sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pemicunya, sang ulama ditolak masuk ke Singapura. Foto ustaz asal Pekanbaru, Riau ini ramai dibahas. Ternyata Ustaz Somad langsung digiring keluar dari negara ini gegara kartu nama tulisan Arab keluar dari dompetnya.

Ustaz yang akrab disapa UAS itu mulanya mengunggah foto di akun Instagram miliknya, @ustadzabdulsomad_official. Di foto itu, UAS terlihat mengenakan masker dan topi dalam sebuah ruangan sempit.

Selain memajang sebuah foto, Ustaz Somad juga mengunggah video yang menunjukkan dirinya sedang duduk di dalam ruangan sempit itu. Di video itu terlihat jelas kondisi sekelilingnya, dinding ruangan berwarna putih dan terdapat jeruji besi di atasnya.

"UAS di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore," tulis Ustaz Abdul Somad. Dia tak menjelaskan detail mengapa berada di dalam ruangan itu. UAS mengaku akan memberi penjelasan lengkap."Berita lengkapnya saksikan esok wawancara UAS, Selasa, 17 Mei 2022, hanya di channel: hai guys official," tulisnya.

Dari foto yang dibagikan UAS, kabar sang ulama dideportasi Singapura viral. Banyak netizen yang menanyakan alasan Singapura mendeportasi ulama sejuta umat itu. Di tengah kegaduhan itu, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura buka suara.

Menurut Dubes Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo, Ustaz Abdul Somad ditolak masuk ke Singapura atau mendapatkan kategori not to land (NTL) notice.

Kategori Not to land notice ialah peringatan tidak boleh mendarat yang dikeluarkan oleh Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura. UAS mendapat not to land notice karena tidak memenuhi kriteria.

Baca Juga: Bukan Cuma Dideportasi Singapura, Ustaz Abdul Somad Ternyata Pernah Diusir dari Negara Ini, Foto Kondisi Sang Ulama Viral

"Saya sudah minta penjelasan dari ICA. Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible berkunjung ke Singapore," kata Suryo saat dihubungi awak media detik, Selasa (17/5/2022).

Suryo Pratomo juga mengatakan UAS tidak pernah memberi tahu KBRI tentang rencana kedatangannya. "Yang pertama, ketika UAS mau ke Singapura tidak pernah memberitahukan kepada KBRI juga, jadi kita tidak tahu ada rencana dari ustaz mau ke Singapura," ujar Suryo.Kemudian, UAS juga tidak melapor ke KBRI ketika ada permasalahan keimigrasian. Suryo mengatakan pihaknya baru mengetahui UAS tak bisa masuk Singapura saat telah kembali ke Indonesia."Ketika ada persoalan di keimigrasian juga tidak melaporkan, kami baru tahu ketika beliau kembali ke Indonesia. Tadi pagi kami sudah berkoordinasi dengan Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura untuk menanyakan mengenai kasusnya Pak Abdul Somad ini katanya dideportasi," lanjutnya.Namun, ICA Singapura enggan menjelaskan alasan UAS tidak memenuhi kriteria untuk masuk Singapura. Suryo mengatakan penjelasan ditolaknya UAS merupakan kewenangan pihak Singapura."Ya (UAS ditolak karena) tidak memenuhi kriteria. Apa yang tidak memenuhi kriteria? Nah itu kan urusan keimigrasian, mereka tidak pernah mau buka. Jadi itu adalah kewenangan dari pemerintah Singapura," imbuh Suryo.

Singapura bukan negara pertama yang menolak masuk Ustaz Abdul Somad (UAS). Sebelumnya, UAS tercatat pernah ditolak masuk beberapa negara, dari mulai Hong Kong, Timor Leste, Inggris dan juga Belanda.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest