Follow Us

Bukan Cuma Dideportasi Singapura, Ustaz Abdul Somad Ternyata Pernah Diusir dari Negara Ini, Foto Kondisi Sang Ulama Viral

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 17 Mei 2022 | 09:01
Ustaz Abdul Somad dideportasi Singapura. Rupanya sang ulama pernah diusir dari negara ini. Foto kondisi UAS viral.
Instagram

Ustaz Abdul Somad dideportasi Singapura. Rupanya sang ulama pernah diusir dari negara ini. Foto kondisi UAS viral.

Fotokita.net - Ustaz Abdul Somad kembali menjadi perbincangan di media sosial. Foto kondisi sang ulama viral usai muncul di Instagram. Rupanya Ustaz Abdul Somad mengaku dirinya dideportasi Singapura. Selain ditolak masuk negeri singa, sang ustaz ternyata pernah diusir dari negara ini.

Ustaz Abdul Somad yang kerap disapa UAS mengunggah foto dirinya di dalam sebuah ruangan. Di foto itu, UAS tampak mengenakan masker sembari duduk seorang diri. Di atas kepala UAS terlihat jeruji besi yang tampak kokoh.

Foto UAS di dalam ruangan yang sempit itu diunggah melalui akun Instagram resminya, @ustadzabdulsomad_official, seperti yang Fotokita.net lihat pada Selasa (17/5/2022). Di foto itu, UAS tampak menggunakan masker dan baju koko warna abu-abu dan topi dalam ruangan sempit tersebut.

Selain memajang foto, UAS juga mengunggah sebuah video saat berada di dalam ruangan tersebut. Ruangan itu tampak berwarna putih dan terdapat besi di atasnya.

UAS ditahan di ruangan seperti jeruji besi berwarna putih, ukuran 1x2 meter. "UAS di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore," tulis UAS.UAS tak menjelaskan detail mengapa dirinya berada di dalam ruangan itu. UAS mengaku akan memberi penjelasan lengkap."Berita lengkapnya saksikan esok wawancara UAS, Selasa 17 Mei 2022, hanya di channel: hai guys official," tulisnya.

Baca Juga: Picu Kontroversi, Ini Foto Pernikahan Wanita Berhijab dengan Pria Katolik di Gereja, Ustaz Abdul Somad Sampai Buka Suara

Sampai saat ini, belum diketahui apa penyebab Ustadz Abdul Somad atau UAS ditahan di Imigrasi Singapura dan dideportasi.Foto dan video yang diunggah Ustadz Abdul Somad atau UAS sekitar pukul 22.00 WIB pada Senin (16/5/2022) itu langsung mendapat tanggapan dari netizen. Ada yang mendoakan UAS.Ada juga mempertanyakan penyebab Ustadz Abdul Somad ditahan di imigrasi dan ada pula yang memberi semangat.

Ada pula netizen yang menyebutkan peristiwa UAS dideportasi Singapura itu mengingatkan mereka atas kejadian yang mirip beberapa waktu lalu. Ternyata sang ulama pernah diusir saat hendak masuk ke negara ini. Ketika itu, UAS baru tiba di bandara, namun sang ulama dipaksa angkat kaki untuk kembali ke Tanah Air.

Pada Desember 2017, publik terkejut dengan adanya kabar tak mengenakan yang datang dari Bandara Internasional Hongkong. Pasalnya, ustad Abdul Somad harus dipulangkan paksa secara sepihak alias diusir oleh aparat setempat.Peristiwa itu terjadi ketika Ustad Abdul Somad saat hendak memenuhi undangan pengajian warga Indonesia di Hongkong, Minggu, (23/12/2017). UAS mengaku, dirinya tidak mendapat alasan jelas, kenapa pihak keamanan Bandara Hongkong memulangkanya dengan paksa. Awalnya, pengusiran itu terjadi ketika Abdul Somad dan rombongan mendarat di Hongkong sekitar pukul 16.00 waktu di sana (atau pukul 15:00 WIB). Selepas keluar pintu pesawat sudah ada beberapa orang petugas menghadang penceramah asal Riau tersebut.

Baca Juga: Innalillahi, Ustaz Abdul Somad Berduka Ditinggal Pergi Ummi Hajjah, Foto Anak UAS yang Dikhitan Jadi Pelipur Lara

Ustaz Abdul Somad dideportasi Singapura. Rupanya sang ulama pernah diusir dari negara ini. Foto kondisi UAS viral.
Instagram

Ustaz Abdul Somad dideportasi Singapura. Rupanya sang ulama pernah diusir dari negara ini. Foto kondisi UAS viral.

UAS yang terkenal lewat karena gaya penyampaian kajian ilmu fiqihnya itu, tiba di Bandara Hongkong sekitar pukul pukul 15:00 WIB. Lalu, ustaz asal Pekanbaru itu keluar menuju pintu pesawat namun disana ia dihadapkan dengan petugas yang menghadangnya.“Begitu sampai ada beberapa orang menunggu keluar dari pintu pesawat, saya dipisah,” ujarnya.Setelah dipisah dengan romobongannya, Ustad Somad dibawa ke dalam sebuah ruangan di dalam bandara tersebut. Di dalam ruangan itu petugas mengintrogasi Ustaz Abdul Somad dengan banyak pertanyaan dan menggeledah barang-barang dirinya.“Diminta agar buka dompet, semua diperiksa, kartu-kartu dan mereka cek semua surat-surat, kemudian dia (petugas) liat HP liat nomer-nomer kontak,” ujar Ustaz Abdul Somad.Dalam penggeledahan tersebut petugas bandara juga sempat mencurigai keterlibatan Abdul Somad dalam sebuah ormas. Namun hal itu dia bantah langsung. Penceramah ini menjelaskan bahwa dirinya tidak ada keterkaitan apapun dengan politik maupun ormas.“Saya bilang saya seorang dosen, kemudian saya sebutkan satu-satu universitas tempat saya mengajar,” lanjut Ustaz Abdul Somad.Penggeledahan terhadap Ustaz Abdul Somad terjadi kurang lebih selama 30 sampai 45 menit. Setelah penggeledahan selesai, petugas tersebut langsung mengantar kembali Ustad Somad ke dalam pesawat yang ditumpanginya saat datang ke Hongkong. Ustaz Abdul Somad pun diminta kembali ke Indonesia tanpa alasan yang jelas. “Saya tanya kenapa? Dia bilang kita belum bisa memberi izin untuk masuk tanpa menyebut alasan,” kata UAS.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest