Follow Us

Sempat Terlibat Jual Beli Pulau, Foto Bupati Penajam Paser Utara Jadi Olok-olok, Kini Bikin Anak SBY Tanggung Malu

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 13 Januari 2022 | 12:43
Abdul Gafur Mas'ud pernah menjadi sorotan lantaran pembangunan rumah dinas Rp 34 miliar. Proyek itu juga sempat menjadi perhatian KPK.
Instagram

Abdul Gafur Mas'ud pernah menjadi sorotan lantaran pembangunan rumah dinas Rp 34 miliar. Proyek itu juga sempat menjadi perhatian KPK.

Fotokita.net - Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud diamankan KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT). KPK menyatakan OTT itu terkait dugaan suap.

Kepada awak media yang meminta konfirmasi terkait kabar penangkapan itu, Plt Jubir KPK Ali Fikri sudah memberikan keterangan. "Benar, informasi yang kami peroleh, Rabu (12/1/2022) sore hari, tim KPK berhasil menangkap beberapa pihak dalam kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi oleh salah satu kepala daerah di provinsi Kaltim," kata Ali Fikri, Kamis (13/1/2022).

Namun, Ali belum dapat menjelaskan detail kasus dugaan suap tersebut. Dia menyebut para pihak tersebut masih diperiksa KPK. "Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut," ucapnya.

Pihak-pihak yang ditangkap dalam OTT ini masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak tersebut.

Kabar penangkapan Abdul Gafur Mas'ud segera menyebar luas di media sosial. Bupati muda dari wilayah calon Ibu Kota Negara baru itu terlihat aktif di Instagram. Beberapa hari lalu, Abdul Gafur sempat mengunggah konten yang membahas rasa syukur.

Dalam unggahan terakhir sebelum diamankan, Abdul Gafur menyitir lirik dari karya musik dari Son of Litnerd feat Ecko Show yang berjudul "Bersyukur". Salah satu lirik yang digarisbawahi, "harta tak dibawa mati, jadi janganlah tergiur."

Sontak unggahan Abdul Gafur menjadi olok-olok netizen. Maklum, netizen sudah gerak cepat menggeruduk akun Instagram milik Bupati Penajam Paser Utara yang sudah mendapatkan verifikasi berupa tanda centang biru.

Baca Juga: Foto Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Ditangkap KPK Dicari, Pernah Cuma Pakai Kaos Oblong Ketemu Presiden

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud terjaring OTT KPK itu berulang kali menjadi sorotan netizen. Foto sang bupati juga sempat jadi bahan olok-olok. Pemicunya, ada sejumlah kontroversi yang dibuat Abdul Gafur sebelum kena OTT KPK.

Pada Juni 2020, nama Abdul Gafur Mas'ud jadi perbincangan karena disebut-sebut dalam kasus dugaan jual-beli Pulau Malamber.

Polisi mengatakan transaksi jual-beli pulau itu terjadi pada Februari 2020. Dari keterangan warga yang menjual pulau, yaitu seorang warga bernama Raja, duit uang muka diserahkan oleh Bupati Penajam Paser Abdul Gafur Mas'ud.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest