Follow Us

Disentil Bupati Banjarnegara Pakai Foto Jalan Rusak, Ganjar Pranowo Angkat Bicara Usai Anak Buahnya Meringkuk di Sel Tehanan KPK

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 05 September 2021 | 10:20
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kerap menyentil Ganjar Pranowo dengan memakai foto jalan rusak. Kini, Ganjar buka suara.
Instagram

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kerap menyentil Ganjar Pranowo dengan memakai foto jalan rusak. Kini, Ganjar buka suara.

Fotokita.net - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kerap menyentil Gubernur Jawa Tengah dengan memakai foto jalan rusak yang diunggah di akun Instagram. Kini, Bupati Banjarnegara digelandang KPK lantaran dugaan korupsi. Ganjar Pranowo angkat bicara usai anak buahnya meringkuk di sel tahanan KPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut Bupati Banjarnegara menikmati uang sogokan sebesar Rp 2,1 miliar dalam kasus yang menjeratnya. Usai menangkap Bupati Banjanegara, KPK tak butuh waktu lama untuk menetapkan Budhi Sarwono sebagai tersangka dalam kasus korupsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarnegara tahun 2017-2018.

Pada Jumat (3/9/2021) Ketua KPK merilis status penahanan Budhi Sarwono yang dikurung bersama tersangka lainnya, Kedy Afandi.

"Setelah KPK melakukan penyelidikan, maka kita tentu menemukan adanya bukti permulaan cukup dan kita tingkatkan ke penyidikan, malam hari ini sampaikan rekan-rekan atas kerja keras tersebut, menetapkan dua tersangka antara lain BS yaitu Bupati Kabupaten Banjarnegara periode 2017-2022, tersangka kedua KA, pihak swasta," kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat hadir dalam jumpa pers usai penangkapan Budhi Sarwono.

Para tersangka diduga melanggar Pasal 12 huruf i serta pasal 12B UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Firli mengatakan kedua tersangka dilakukan ditahan selama 20 hari ke depan. Budhi Sarwono ditahan di Rutan Kavling C1 dan Kedy Afandi di Rutan KPK Pomdam Jaya Guntur.

Baca Juga: Kerap Pamer Foto Proyek Jalan, Akun Instagram Bupati Banjarnegara Mendadak Lenyap, Unggahan Kontroversial Ini Jadi Penyebabnya

Sebelum meringkuk di sel tahanan KPK, Bupati Banjarnegara kerap menyentil Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan memakai foto jalan rusak.

Budhi Sarwono memang dikenal kontroversial. Dalam menjalankan roda pemerintahan di Banjarnegara, bupati yang mantan bandar narkoba ini kerap berseberangan dengan sejumlah pejabat yang memiliki posisi lebih tinggi. Salah satunya, Ganjar Pranowo.

Sentilan Budhi Sarwono kepada Ganjar Pranowo seringkali dilontarkan melalui media sosial, khususnya Instagram. Budhi Sarwono diketahui aktif dalam menggunakan Instagram. Sayangnya, saat ini akun Instagram Budhi Sarwono lenyap.

Dari pantauan Sabtu (4/9/2021) pukul 21.40 WIB, akun Instagram Wing Chin @budhisarwono tidak dapat diakses, dengan informasi "Pengguna tidak ditemukan". Sementara, ketika diakses menggunakan akun Instagram yang mengikuti akun Wing Chin terdapat informasi "Belum ada postingan".

Padahal setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, Jumat (3/9/2021) malam, Budhi Sarwono sempat menyampaikan pernyataan melalui akun Instagram tersebut. Pernyataan Budhi Sarwono itu berisi bantahan atas dugaan korupsi yang disangkakan oleh KPK. Bahkan, dia menantang KPK untuk membuktikan tuduhan menerima uang suap Rp 2,1 miliar.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest