Follow Us

Se Indonesia Muak, Ayah Mario Dandy Akhirnya Ngaku Beli Barang Mewah Ini Tanpa Bayar Pajak, KPK Auto Bergerak

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 02 Maret 2023 | 14:14
Barang mewah ini dibeli ayah Mario Dandy tanpa membayar pajak.
Istimewa

Barang mewah ini dibeli ayah Mario Dandy tanpa membayar pajak.

Fotokita.net - Ayah Mario Dandy Satriyo, Rafael Alun Trisambodo akhirnya mengaku membeli barang mewah ini tanpa bayar pajak. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) auto bergerak. Netizen se Indonesia terlanjur muak dengan gaya hedon anak pejabat pajak itu.

Rafael menjadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satriyo, menjadi tersangka kasus penganiayaan David Ozora (17). Korban penganiayaan Mario Dandy itu merupakan anak salah satu pengurus pusat GP Ansor.

Akibat penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy pada Senin (20/2/2023) itu, David harus menjalani perawatan intensif di RS Mayapada Jaksel. David sempat koma, tapi kondisinya semakin baik.

Harta Rafael senilai Rp 56 miliar kemudian disorot, antara lain ketiadaan mobil Rubicon dan motor Harley dalam LHKPN Rafael. Padahal Mario Dandy kerap memamerkan Rubicon dan Harley di media sosialnya.

Rafael kemudian dicopot dari jabatannya di Ditjen Pajak. Rafael juga mengajukan pengunduran diri dari ASN. Pengunduran dirinya tersebut telah ditolak.

KPK mengatakan mantan pejabat Ditjen Pajak itu mengakui motor Harley-Davidson yang viral digunakan anaknya bodong. Motor itu tidak terdaftar di Samsat.

"Tidak terdaftar di samsat. Yang bersangkutan sudah akui juga itu bodong," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan saat dihubungi awak media detik, Kamis (2/3/2023).

Rafael Alun Trisambodo dan istrinya Ernie Meike Torondek saat menggelar acara pernikahan putrinya yang mewah.
Istimewa

Rafael Alun Trisambodo dan istrinya Ernie Meike Torondek saat menggelar acara pernikahan putrinya yang mewah.

Rafael memang telah diperiksa KPK terkait LHKPN senilai Rp 56 miliar yang dinilai tak sesuai profilnya sebagai ASN. Pahala kemudian mengatakan pihaknya fokus menelusuri asal usul duit untuk membeli aset-aset milik Rafael.

"Belum sampai situ (dugaan TPPU). Fokusnya sekarang asal usul perolehan dana untuk pembelian asetnya. Kalau soal kendaraan belum jadi prioritas karena tidak signifikan nilainya," terang Pahala.

Rafael Alun dimintai klarifikasi oleh KPK pada Rabu (1/3/2023). Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan salah satu yang ditelusuri ialah ketiadaan mobil Rubicon dan motor Harley-Davidson, yang dipamerkan Mario Dandy di medsos, dalam LHKPN Rafael.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest