Follow Us

Dibentuk Kapolri, Begini Aksi Ferdy Sambo Pimpin Satgassus Merah Putih yang Disebut Bikin Cemburu, Foto Sang Jenderal Dikulik

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:16
Aksi Irjen Ferdy Sambo memimpin Satgassus Merah Putih yang dibentuk Kapolri disebut bikin cemburu sesama polisi. Foto sang jenderal dikulik.
Polri

Aksi Irjen Ferdy Sambo memimpin Satgassus Merah Putih yang dibentuk Kapolri disebut bikin cemburu sesama polisi. Foto sang jenderal dikulik.

Fotokita.net - Irjen Ferdy Sambo ternyta juga memangku jabatan penting dalam struktur Polri. Setelah dinonaktifkan sebagai Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sabo diketahui memimpin Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Merah Putih Polri.

Satgassus Merah Putih dibentuk Jenderal (Pol) Purn Tito Karnavian saat masih menjabat sebagai Kapolri sekitar tahun 2016. Ketika itu, pembentukan Satgassus Merah Putih mendapat kritik keras dari anggota Komisi III DPR RI Herman Hery.

Dibentuk Kapolri, begini aksi Irjen Ferdy Sambo saat memimpin Satgassus Merah Putih yang disebut-sebut bikin cemburu sesama polisi. Foto sang jenderal sebagai Kepla Satgassus Merah Putih dikulik.

Jabatan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kepala Satgassus Merah Putih dipertanyakan oleh Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid. Dalam pengusutan kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J, Usman menyebut, Irjen Ferdy Sambo seharusnya dinonaktifkan dari jabatan itu.

"Kami pertanyakan posisi Ferdy Sambo apakah sudah dinonaktifkan dari jabatan Kepala Satgas Khusus atau belum. Apakah penonaktifan dirinya sebagai Kadiv Propam juga diikuti penonaktifan dirinya dari jabatan Kepala Satgas Khusus," terang Usman kepada wartawan di kantor ICW, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/2022).

Usman menjelaskan, jabatan yang diemban Irjen Ferdy Sambo tercantum dalam Surat Perintah SPRIN/1583/VII/HUK.6.6./2022. Surat perintah tersebut berlaku mulai 1 Juli 2022 hingga 31 Desember 2022.

"Sprin ini tidak diketahui publik selama ini karena mungkin kurangnya transparansi di dalam pembentukan satgas-satgas khusus dalam kepolisian. Karena ini saya kira ini waktunya untuk benar-benar berbenah reformasi kepolisian," tambah Usman.

Baca Juga: Dulu Bilangnya Antar Anak Irjen Ferdy Sambo, Bharada E Ternyata Malah Kawal Istri Kadiv Propam Lakukan Kegiatan Ini, Foto CCTV Masih Disimpan

Dalam kesempatan berebda, Usman menyebutkan, pencopotan Irjen Ferdy Sambo dari posisi Kadiv Propam Mabes Polri tidak cukup. Pasalnya, sampai sekarang, Ferdy Sambo diketahui masih menjabat sebagai Komandan di Satgas Merah Putih Polri.

"Meski ia sudah dicopot dari posisi Kadiv Propam, tetapi Ferdy Sambo masih tercatat memimpin satgas khusus yang dibentuk oleh Kapolri. Di dalam satgas itu terdapat para anggota kepolisian, mulai dari perwira tinggi, menengah, bintara dan tamtama. Termasuk personel kepolisian yang ikut mengusut kematian Brigadir J," papar Usman dalam acara diskusi virtual yang tayang di YouTube, Kamis (28/7/2022).

Kata Usman, dengan kondisi begitu bakal ada potensi konflik kepentingan dan kendala psikologis dalam pengusutan tuntas kematian BrigadirJ. "Jadi, kalau mau pengusutan kasus ini berjalan maksimal, maka ia harus memenuhi lima lapis pengawasan kepolisian, yang disebut sebagai pengawasan demokratik dalam konsep pengamanan," terang Usman.

Dengan fakta yang didapatkan, Usman meminta agar Mabes Polri mengklarifikasi apakah Ferdy Sambo juga sudah dinonaktifkan dari Satgas Merah Putih. "Karena kalau dia belum dinonaktifkan dari jabatan itu ya sangat mungkin mempengaruhi proses pengusutan, sehingga pengusutan tidak berjalan secara imparsial dan efektif," terangnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest