Follow Us

Pantas Alami Kecelakaan Maut di Ciamis, Bus Pandawa Ternyata Cuma Kendaraan Bekas dari Perusahaan Ini, Foto Netizen Beri Bukti

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 22 Mei 2022 | 17:19
Foto netizen memberi bukti bus Pandawa yang alami kecelakaan maut di Ciamis cuma kendaraan bekas dari perusahaan ini.
YouTube

Foto netizen memberi bukti bus Pandawa yang alami kecelakaan maut di Ciamis cuma kendaraan bekas dari perusahaan ini.

Fotokita.net - Bus PO Pandawa Trans mengalami kecelakaan maut di di Jalan Raya Panjalu - Panumbangan, Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (21/5/2022) sekitar pukul 18.00 WIB. Pantas mengalami kecelakaan fatal, ternyata bus Pandawa cuma kendaraan bekas dari perusahaan ini. Foto netizen memberi buktinya.

Bus Pandawa yang berwarna pink atau merah jambu itu menghantam rumah warga yang berada di sisi jalan raya. Akibat peristiwa maut itu, setidaknya 4 orang meninggal dunia dan korban luka-luka sebanyak 47 orang. Belum lagi kerugian material yang ditimbulkannya.

Bus rombongan wisata ziarah itu mengalami kecelakaan di Jalan Raya Payungsari, Dusun Pari, Desa Payungsari, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Sabtu (21/5/2022) petang.Bus di lokasi kejadian melaju tidak terkendali kemudian menabrak kendaraan mini bus dan sepeda motor, lalu berhenti setelah menabrak rumah warga di pinggir jalan.

Bus Pandawa Pink yang menghantam hingga tembus ke dinding belakang rumah, tabrakan tersebut menyebabkan 3 rumah hancur dan termasuk warung. Saat kecelakaan bus tabrak rumah, terdapat penghuni yang sedang beristirahat karena pas kejadian ketika waktu maghrib dan banyak warga telah berada di dalam rumah.Alat berat excavator didatangkan untuk evakuasi dan menarik mundur badan bus dari depan rumah yang di tabrak. Diduga kondisi jalan yang curam dan rem yang blong yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut hingga mobil menghantam rumah warga.Salah seorang warga setempat, Sandi (30), mengatakan pada saat itu bus datang dari arah Panjalu menuju arah Panumbangan.

Baca Juga: Enteng Bilang Rem Blong, Sopir Bus Pandawa yang Alami Kecelakaan Maut di Ciamis Diburu Polisi, Foto Kondisinya Bikin Penasaran

Namun pada saat melewati sedikit jalan yang posisinya menurun, diduga bus mengalami rem blong dan tidak bisa dikendalikan hingga menyeruduk rumah dan mobil yang terparkir di sekitaran lokasi kecelakan itu.Menurut laporan, kecelakaan di daerah jalan raya panjalu - panumbangan tersebut bukan pertama kali, pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2019., hingga menyebabkan satu keluarga tewas.

Penumpang selamat kecelakaan Bus Pandawa di Ciamis mengira sopir bercanda saat memberi tahu tentang rem blong dan akhirnya ternyata benar. Pernyataan itu disampaikan Nana Suryana (32) salah satu penumpang selamat yang sebelum kejadian dirinya duduk tepat di samping pengemudi.Menurut Nana yang mengalami luka ringan di muka dan lengan ini, sebelum dinyatakan blong, rem masih bisa digunakan dengan normal. Namun lanjutnya, saat bus mau memasuki Jalan Panjalu, sopir menyatakan bahwa rem bus mengalami blong.

"Pas jarak dari Panjalu itu sekitar 1 kilometer, baru rem itu blong. Nah saya kira sopir itu bercanda, ternyata beneran," kata Nana seperti dikutip dari Kompas TV, Sabtu (21/5/2022) malam.Sopir bus memang dengan enteng menyebutkan kondisi kendaraannya mengalami rem blong.

Bahkan, Nana menyebut sopir dan penumpang sangat panik saat mengetahui bahwa rem blong sementara jalanan yang dihadapi sudah masuk ke jalur terjal. "(Seluruhnya) panik dan sopir berusaha mencari tempat untuk membuang karena tracknya sudah terjal banget," ujarnya.Namun lanjutnya, kecelakaan kemudia tak terhindari usai bus membanting stir ke kiri kemudian ke kanan jalan. Dalam kesaksiannya, Nana menyebut kendaraan yang pertama kali tertabrak oleh Bus Pandawa adalah minibus atau elf.

Baca Juga: Positif Sabu, Sopir Bus Kecelakaan Maut di Tol Mojokerto Cuma Luka Ringan di Bagian Ini, Foto Tampangnya Bikin Geram

Foto netizen memberi bukti bus Pandawa yang alami kecelakaan maut di Ciamis cuma kendaraan bekas dari perusahaan ini.
Facebook

Foto netizen memberi bukti bus Pandawa yang alami kecelakaan maut di Ciamis cuma kendaraan bekas dari perusahaan ini.

Lantas, setelah itu Nana mengaku tidak mengetahui lantaran dirinya telah tertumpuk puing-puing kendaraan. Kendati demikian, ia mengaku dirinya lah yang pertama kali keluar dari bus tersebut.Sembari meminta tolong kepada warga sekitar, dirinya mengaku bersyukur karena telah selamat dalam kejadian maut ini.Dari puluhan jemaah wisata religi yang mengalami luka-luka akibat bus wisata DK 7307 WA yang mengalami kecelakaan karena rem blong di Ciamis, tiga orang di antaranya dirawat di ruang IGD RSUD Ciamis.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest