Follow Us

Foto Tampang Wiyanto Halim Lansia yang Tewas Dikeroyok Tersebar, Ternyata Punya Masalah Sengketa Tanah

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 24 Januari 2022 | 18:58
Keluarga lansia Wiyanto Halim geram terhadap pengeroyokan yang menewaskan ayah mereka. Ternyata korban punya masalah sengketa tanah.
Istimewa

Keluarga lansia Wiyanto Halim geram terhadap pengeroyokan yang menewaskan ayah mereka. Ternyata korban punya masalah sengketa tanah.

Fotokita.net - Seorang lansia bernama Wiyanto Halim menjadi korban pengeroyokan massa di Jalan Pulokambing, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Minggu (23/1/2022) dini hari. Pria berusia 89 tahun itu tewas diamuk massa setelah diteriaki maling.

Foto tampang Wiyanto Halim lansia yang tewas dikeroyok massa tersebar luas di media sosial. Ternyata dia masih memiliki masalah sengketa tanah yang terus diperjuangkan hingga akhir hayatnya.

Peristiwa pengeroyokan Wiyanto Halim yang seorang diri mengemudikan mobil terekam kamera HP. Dalam video amatir tampak massa yang mengemudikan sepeda motor terlibat kejar-kejaran dengan Wiyanto Halim. Massa terus mengejar sambil berteriak 'maling-maling' dan memukuli kendaraan milik lansia malang itu.

Laju mobil SUV berwarna hitam tersebut baru berhenti di kawasan JIEP setelah dihadang massa dan sejumlah personel Polres Metro Jakarta Timur yang menaiki mobil patroli.

Saat mobil berhenti, massa yang sudah beringas seketika menarik pelaku dari kursi kemudi lalu memukuli pelaku hingga menderita luka berat dan tewas di lokasi kejadian.

Kasus pengeroyokan terhadap Wiyanto Halim mendapat sorotan dari berbagai pihak tidak hanya karena korban merupakan lansia, tapi juga karena korban dituduh sebagai maling hingga akhirnya dikeroyok.

Wiyanto Halim yang saat kejadian mengemudikan mobil berpelat B 1859 SYL sudah dikejar dari Tebet, Jakarta Selatan hingga masuk ke Jakarta Timur melalui Jatinegara kemudian berhenti di Cakung.

Baca Juga: Foto Mobil Patroli Ikut Kejar Sopir Lansia yang Tewas Dikeroyok Bikin Geram, Polisi Buka Suara

Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso menuturkan pihaknya meminta jajaran Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur segera mengungkap kasus.

"Jadi dalam hal ini IPW mendesak agar pelaku aniaya tersebut diproses hukum agar tidak terjadi main hakim sendiri di tengah masyarakat. Karena bisa saja salah sasaran," ujar Sugeng.

Sugeng juga mengimbau agar warga lekas melaporkan kasus tindak pidana yang mereka temui agar bisa ditindaklanjuti, termasuk untuk mencegah timbulnya korban sebagaimana kasus Wiyanto Halim.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest