Follow Us

Orang Gunung Ramai-ramai Evakuasi Rimbun Air yang Hancur di Belantara Papua, Foto KTP Haji Mirza Pilot Pesawat Nahas Bikin Syok

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 16 September 2021 | 19:14
Proses evakuasi tampak didominasi oleh warga lokal. Orang gunung ramai-ramai evakuasi pesawat Rimbun Air yang hancur di belantara Papua.
Hefron Weldanak

Proses evakuasi tampak didominasi oleh warga lokal. Orang gunung ramai-ramai evakuasi pesawat Rimbun Air yang hancur di belantara Papua.

Fotokita.net - Orang gunung ramai-rama melakukan evakuasi pesawat Rimbun Air PK-OTW yang jatuh di wilayah belantara Intan Jaya, Papua. Saat evakuasi berlangsung, foto KTP Haji Mirza pilot pesawat nahas itu bikin syok.

Pesawat Rimbun Air dengan nomor register PK-OTW dikabarkan jatuh di Gunung Wabu, Intan Jaya. Pesawat Twin Otter seri 300 ini dipiloti Haji Agithia Mirza bersama kopilot M. Fajar Dwi Saputra dan Utra Iswahyudi sebagai teknisi. Pesawat ini hanya mengangkut bahan bangunan dan sembako milik TNI AD Yonif 512/BY yang bertugas di Kabupaten Intan Jaya.

Pesawat Rimbun Air PK-OTW yang dipiloti Haji Mirza ini awalnya dilaporkan hilang kontak pada Rabu (15/9/2021) sekitar Pukul 07.37 WIT. Pesawat ini mengalami hilang kontak di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Setelah titik koordinaat lokasi jatuhnya pesawat Rimbun Air diketahui, proses evakuasi langsung digelar.

Menurut keterangan dari Badan SAR Nasional (Basarnas), tim gabungan berhasil mengevakuasi pilot Rimbun Air PK OTW Haji Mirza dan dua kru lainya. Lokasi jatuhnya pesawat ini di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga: Foto Rumah Haji Mirza Dijaga Anggota TNI Beredar, Rupanya Pilot Rimbun Air yang Meninggal di Sarang OPM Sempat Bergabung di Kesatuan Ini

Haji Mirza bersama dua kru lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jenazah korban kecelakaan ini dievakuasi oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI Polri, Basarnas, dan pemuda gereja. Pada Rabu (15/9/2021) pukul 11.30 WIT, tim gabungan bergerak menuju lokasi jatuhnya pesawat Rimbun Air PK OTW.

"Pada pukul 15.30 WIT, Tim gabungan sampai di TKP dan menemukan ketiga Kru pesawat dalam keadaan meninggal dunia. Namun ketika akan dilakukan evakuasi terjadi hujan lebat dan berkabut sehingga tim memutuskan untuk menunda proses evakuasi," tulis Basarnas dalam kronologi evakuasi.

Pada pukul 23.45 WIT cuaca kembali membaik dan proses evakuasi kembali dilanjutkan. Tim gabungan berhasil mengevakuasi korban menuju Sugapa. Pada Kamis (16/92021), pukul 04.20 WIT Tim gabungan berhasil menemukan Black Box dan Signal Pemancar Pesawat Rimbun Air PK OTW.

Salah seorang anggota tim evakuasi pesawat Rimbun Air yang jatuh, Hefron T Wendanak mengunggah 7 foto yang menunjukkan proses pengangkatan jenazah korban kecelakaan. Dalam foto itu, proses evakuasi tampak didominasi oleh warga lokal. Orang gunung ramai-ramai evakuasi pesawat Rimbun Air yang hancur di dalam belantara Papua.

Baca Juga: Foto Pesawat Rimbun Air yang Jatuh Bikin Syok, Tabiat Asli Pilotnya Diungkap Sosok Ini: Terakhir Ketemu Dia Kasih Uang

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest