Follow Us

Foto Rumah Haji Mirza Dijaga Anggota TNI Beredar, Rupanya Pilot Rimbun Air yang Meninggal di Sarang OPM Sempat Bergabung di Kesatuan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 16 September 2021 | 09:11
Jenazah kru Rimbun Air. Haji Mirza pilot pesawat Rimbun Air PK OTW yang meninggal di sarang OPM sempat bergabung di kesatuan TNI AU di Lanud Atang Sanjaya.
Facebook

Jenazah kru Rimbun Air. Haji Mirza pilot pesawat Rimbun Air PK OTW yang meninggal di sarang OPM sempat bergabung di kesatuan TNI AU di Lanud Atang Sanjaya.

Fotokita.net - Foto rumah Haji Mirza, pilot Rimbun Air PK OTW dijaga anggota TNI beredar di media online. Haji Mirza menjadi pilot pesawat Rimbun Air jenis Twin Otter seri 300 yang jatuh di sarang Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Intan Jaya. Pilot Rimbun Air yang ditemukan meninggal dunia sempat bergabung dengan kesatuan TNI AU ini.

Pesawat Rimbun Air PK OTW yang dipiloti Haji Mirza awalnya dilaporkan hilang kontak pada Rabu (15/9/2021) sekitar Pukul 07.37 WIT. Pesawat ini mengalami hilang kontak di Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya.

Haji Mirza bersama dua kru lainnya, Fajar (Copilot) dan Iswahyudi (Enginering) terbang dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya hanya membawa kargo, tak ada penumpang di dalamnya. Pesawat carter milik PT Intan Angkasa itu mengangkut bahan bangunan dan juga bahan makanan milik Yonif 521/BY yang bertugas di Kabupaten Intan Jaya.

Pukul 07.30 WIT, Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot Haji Mirza sebelum hilang kontak. Pesawat tersebut akan mendarat di Bandara Bilorai, namun naik lagi lantaran berkabut. Setelah naik ke arah kiri bandara pesawat dinyatakan hilang kontak.

Setelah dilakukan pencarian melalui udara, pesawat Rimbun Air yang dipiloti Haji Mirza ditemukan jatuh di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan tanah.

Baca Juga: Ini Foto Rumah Pilot Rimbun Air yang Pesawatnya Hancur di Atas Gunung, Rupanya Punya Kebiasaan Unik Saat di Darat

Pesawat Rimbun Air PK OTW, yang jatuh ditemukan dalam kondisi berkeping-keping. Diduga pesawat kargo tersebut menabrak gunung, setelah sebelumnya gagal mendarat karena kabut yang tebal. Kemudian, pesawat berusaha naik mengambil arah kiri bandara.

Wadanyon Yonif Mekanis 521/BY dari Pos Intan Jaya Satgas Pamrahwan Yonif Mekanis 521/DY Mayor Inf Edi Dipramono mengatakan, koordinat jatuhnya pesawat Rimbun Air ditemukan oleh helikopter carteran Satgas Elang.

“Titiknya hanya 3,4 Km dari Bandara dan dari Pos Bilogai Satgas Yonif 501 hanya berjarak 2,2 Km,” ujarnya Rabu (15/9/2021).

Namun, lokasi jatuhnya pesawat carter tersebut merupakan markas teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Zakius.

“Sesuai perintah Kapolres Intan Jaya yang gerak ke TKP masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan satgas intrl. Karena Kelompok OPM pimpinan Zakius yang menguasai lokasi tersebut,” tandasnya.

Baca Juga: Foto Pesawat Rimbun Air yang Jatuh Bikin Syok, Tabiat Asli Pilotnya Diungkap Sosok Ini: Terakhir Ketemu Dia Kasih Uang

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest