Fotokita.net - Kunci jawaban soal buku tematik kelas 6 SD tema 5 subtema 2 Usaha di Sekitarku, halaman 63-73.
Buku Tematik Tema 5 untuk kelas 6 SD/MI ini, mengusung judul mengenai Wirausaha.
Siswa Sekolah Dasar kelas 6 belajar memahami tentang usaha apa saja yang ada di sekitar siswa dan apa manfaat yang didapatkan.
Berikut pembahasan dan kunci jawaban pembelajaran 1 mengenai materi Usaha di Sekitarku.
Ayo Mengamati
Pada halaman 63, disajikan 3 gambar tentang contoh usaha. Teman-teman diminta mengamati gambar tersebut lalu menjawab pertanyaan yang terdapat di bawahnya.
Jawaban Halaman 63

Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Hal 63
- Amati gambar dan tuliskan hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang kegiatan wirausaha pada gambar di atas dalam bentuk pertanyaan.
Jawaban:
Apa saja hambatan ketika menjalankan usaha-usaha tersebut?
Berapakah penghasilan yang diperoleh dari usaha-usaha tersebut?
- Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan salah seorang teman. Tulis kesimpulan dari hasil diskusimu.
Jawaban:
Setiap usaha memiliki hambatan serta penghasilan yang berbeda-beda.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7
- Sebutkan usaha-usaha lain yang kamu temukan di lingkungan rumahmu.
Jawaban:
Warung penjual sayur, warung makan, warung kopi, butik, toko alat tulis, konter pulsa, dan salon.
- Apa manfaat yang kamu peroleh dari usaha-usaha tersebut?
Jawaban:
Saya bisa mendapatkan hampir semua kebutuhan saya lebih dekat.
- Perhatikan kembali gambar usaha fotokopi, pangkas rambut, dan bengkel sebelumnya.
Sumber daya dan peralatan apa saja yang digunakan dalam usaha-usaha di atas? Jelaskan.
Jawaban:
Usaha fotokopi :
> Mesin fotokopi menjadi alat produksi utama.
> Kertas berfungsi sebagai bahan produksi.
> Sumber daya manusia menjadi operator mesin fotokopi.
Usaha potong rambut :
Mesin cukur dan gunting merupakan alat untuk memotong rambut.
Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100
> Kursi menjadi tempat pelaggan untuk duduk selagi dicukur.
> Sumber daya manusia menjadi operator dari alat cukur.
Bengkel :
> Perkakas dan sparepart sebagai alat dan bahan usaha.
> Sumber daya manusia yang menggunakan seluruh perkakas untuk memasang sparepart.
- Apakah seluruh sumber daya dan peralatan yang digunakan hanya berasal dari dalam negeri? Jelaskan.
Jawaban:
Tidak, karena kebanyakan mesin fotokopi, mesin cukur, dan perkakas merupakan barang buatan luar negeri.
- Apakah ada peralatan yang didatangkan dari negara lain? Jelaskan.
Jawaban:
Ada, yaitu mesin fotokopi, mesin cukur, dan perkakas yang kebanyakan berasal dari negara lain
Jawaban Halaman 69
Apakah kamu mengetahui komoditas lain yang diekspor dari Indonesia ke berbagai negara di lingkup ASEAN?
Jawaban:
Kelapa sawit, tembakau, kopi, karet, teh, kakao, dan tebu.
Perangkat elektronik.
Tekstil.
Kulit dan produk olahannya.
Batu bara
Apakah kamu juga mengetahui komoditas yang diimpor dari berbagai negara di lingkup ASEAN ke Indonesia?
Jawaban:
Minyak dan gas
Perangkat elektronik
Garam dan gula.
Bawang putih
Obat-obatan maupun peralatan kedokteran.
Ayo Membaca
Pada halaman 69 hingga 70, disajikan beberapa buah gambar. Teman-teman diminta memprediksi tentang apa yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Hasil prediksi ditulis dalam tabel yang tersedia.

Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Hal 69-73
Jawaban Halaman 69-70
Selain memprediksi, teman-teman juga diminta membuktikan secara langsung tentang apa yang terjadi jika benda-benda tadi didekatkan ke magnet. Setelah melakukan percobaan, teman-teman juga diminta membuat laporan dari percobaan tersebut. Laporan ditulis pada tabel yang tersedia di halaman 71 sampai 73.
Baca Juga: Inilah Makna 5 Sila Pancasila dan Contoh Penerapannya dalam Perilaku Sehari-hari, Yuk Kita Cari Tahu

Buku Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 2 Hal 70
Jawaban Halaman 71-73
Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Tujuan percobaan :
Untuk mengetahui benda yang bisa dan tidak bisa ditarik magnet.
Alat dan Bahan :
- Magnet
- Pensil
- Peniti
- Karet gelang
- Paku
- Penjepit kertas
- Sisir
- Gunting
- Batu
- Kayu
- Daun
- Kertas
- Kaca
Langkah-langkah percobaan :
- Ambil magnet
- Dekatkan magnet ke benda-benda yang telah disiapkan secara bergantian
- Amati apa yang terjadi
- Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil percobaan sama seperti tabel pada jawaban soal halaman 70.
Kesimpulan :
Benda non logam tidak dapat menempel dengan magnet.
Benda logam dapat menempel dengan magnet.
*) Disclaimer: Kunci jawaban tersebut hanya sebagai panduan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak. (Tribunnews.com/Oktavia WW)