Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Kamis, 13 Agustus 2020 | 07:19
Freepik

Ilustrasi berlari dengan tempo lambat

Fotokita.net -Bagaimana kamu mempraktikkan teknik berlari?

Bagaimana kamu bekerja sama sehingga kamu bisa mencapai tujuan?

Itulah dua soal yang ditanyakan dalamTema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 6 SD/MI, Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Indahnya Kebersamaan halaman 18.

Inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 edisi revisi 2018 mengusung judul Persatuan dalam Perbedaan.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Sementara, Subtema 1 dalam buku ini mengusung judul Rukun dalam Perbedaan.

Dalam artikel ini berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 3 di halaman 17 sampai 25.

Berikut kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 yang dikutip dari Buku Guru SD/MI Kelas 6 Tema 2 dan beberapa sumber:

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Peta Indonesia Diperbaharui, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Kunci Jawaban Halaman 18

Berdiskusilah dengan teman dan gurumu bagaimana teknik berjalan yang baik dapat diterapkan!

Setelah berolahraga, kamu dapat melakukan refleksi bersama.

- Bagaimana kamu mempraktikkan teknik berlari?

- Bagaimana kamu bekerja sama sehingga kamu bisa mencapai tujuan?

Baca Juga: Kumpulan Kunci Jawaban Soal Peta Baru Indonesia untuk SD Kelas 4-6 TVRI Rabu 12 Agustus 2020

Jawaban

Mempraktikkan teknik berlari dengan cara:

- Kepala tegak

- Bahu Santai

- Ayunan lengan tidak lebih tinggi dari dada

- Punggung tegak

- Tangan mengepal longgar

- Tumit kaki depan menyentuh tanah terlebih dahulu

- Postur tubuh lurus

- Otot perut dijaga tetap kencang

- Otot paha santai

- Otot lutut dikencangkan

Cara saya bekerja sama agar dapat mencapai tujuan yakni dengan tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada dalam tim.

Meski berbeda-beda namun tetap satu tujuan.

Kunci jawaban halaman 21

Ayo Mengamati

Pagi ini Udin dan teman-temannya sedang bekerja sama untuk mengumpulkan informasi tentang tanaman dan habitatnya. Mereka berdiskusi dan mencatat semua hasil pengamatan. Meskipun mereka berasal dari latar belakang yang berbeda, namun perbedaan tidak menghalangi mereka untuk belajar bersama.

Untuk melengkapi informasi, mereka pergi ke perpustakaan umum dan menemukan informasi tentang tumbuhan dan habitatnya.

Berikut adalah informasi yang berhasil mereka peroleh.

Baca Juga: Begini Kunci Jawaban Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Materi Satuan Baku Panjang

Pohon bambu mempunyai ciri khusus, yaitu mempunyai bulu-bulu halus yang tajam. Bulu yang tajam terdapat pada batang. Bulu tersebut melekat kuat dan dapat menyebabkan gatal.

Tumbuhan beradaptasi untuk mempertahankan hidupnya. Adaptasi adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki tanaman atau tumbuhan untuk hidup pada tempat atau daerah tertentu.

Berdasarkan habitatnya, tumbuhan dibagi menjadi tiga jenis.

Hidrofit

Tumbuhan yang sebagian tubuhnya ada di permukaan air. Akarnya berada di air. Memiliki rongga udara dalam batang atau tangkai daun. Daunnya muncul ke permukaan air.

Pixabay

Eceng gondok adalah contoh tanaman hidrofit.

Higrofit

Tumbuhan yang hidup di daerah lembap. Tubuhnya terdiri atas bagian-bagian akar, batang, dan daun. Batangnya pada umumnya tidak tampak karena terdapat di dalam tanah. Daunnya yang muda umumnya melingkar atau menggulung.

Xerofit

Tumbuhan yang hidup di daerah yang kering. Tumbuhan ini memiliki daun tebal, sempit, kadang-kadang berubah bentuk menjadi bentuk duri, sisik, atau bahkan tidak mempunyai daun. Batangnya tebal dan mempunyai jaringan untuk menyimpan air. Akarnya panjang.

Baca Juga: Berapakah Sisa Kawat Andi? Jawaban Gampang Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Materi Satuan Baku Panjang

Soal

Untuk dapat bertahan hidup, tumbuhan perlu menyesuaikan dan melindungi diri. Bagaimana tumbuhan tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungannya? Diskusikanlah dengan teman kelompokmu!

Sekarang saatnya kamu menggali informasi lebih banyak lagi dari berbagai sumber tentang cara tumbuhan menyesuaikan dan melindungi diri. Kamu bisa bertanya kepada orang dewasa yang ada di sekitarmu, membaca buku, koran, majalah, atau dari narasumber lainnya.

Pilihlah satu jenis tumbuhan untuk kamu amati terkait habitat dan cara melindungi diri!

Pergunakan informasi yang kamu peroleh untuk menambah pengetahuanmu.

Tulis hasil temuanmu pada diagram frayer berikut!

MAC in Africa
MAC in Africa

Akar dan biji teratai punya manfaat kesehatan juga.

Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

Ada enam kolom dalam diagram frayer.

Anda bisa mengisinya dengan:

  1. Teratai
Karena hidup di air, Teratai menyesuaikan diri dengan cara memiliki daun yang lebar dan juga tipis.

Daun teratai ini agar penguapan air dapat terjadi dengan mudah.

Teratai memiliki batang yang berongga yang memungkinkan teratai untuk bernafas meskipun akar dan batangnya berada di dalam air.

  1. Pohon Jati
Ketika musim kemarau terjadi, pohon jati akan menyesuaikan diri dengan menggugurkan daunnya.

  1. Kaktus
Kaktus hidup di tempat yang kering.

Itu alasan kaktus memiliki daun seperti duri untuk mengurangi penguapan yang terjadi.

Baca Juga: Selain Umbi Batang, Inilah Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Umbi Lapis, Contoh Vegetatif Alami

IST

Tanaman kaktus

  1. Eceng Gondok
Tempat hidup di air membuat eceng gondok memiliki batang yang dapat menggelembung untuk mengapung di atas air.

  1. Bakau
Tumbuhan bakau menyesuaikan diri dengan melakukan penyaringan garam yang ada di air.

Garam tersebut diserap dan kemudian akan dikeluarkan melalui batang.

Ini dilakukan untuk bertahan meski pun tempat hidupnya di pesisir laut.

  1. Pohon Cemara
Melakukan adaptasi dengan memiliki daun yang runcing sehingga akan mengurai jumlah pengupaan yang terjadi.

Baca Juga: Inilah Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Umbi Batang Beserta Contoh-contoh Vegetatif Alami

Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Ada enam kolom dalam diagram frayer.

Kita bisa mengisinya dengan:

  1. Mawar
Bunga mawar melindungi dirinya dengan duri-duri.

Ini untuk mencegah dirinya dimangsa oleh hewan pemakan tumbuhan.

  1. Bambu
Pohon bambu melindungi diri dengan bulu yang akan menimbulkan rasa gatal bagi makhluk hidup yang ingin menyerangnya.

  1. Singkong Karet
Tumbuhan ini melindungi diri dengan racun yang ada dalam tubuhnya.

Racun ini digunakan untuk mencegah dirinya dimakan oleh hewan pemakan tumbuhan.

  1. Nangka
Nangka melindungi dirinya dengan getah.

Getah ini akan membuat pemangsanya lengket dan tidak bisa bergerak.

Baca Juga: Inilah Cara Perkembangan Vegetatif Alami Pada Tumbuhan, Spora dan Contoh-contohnya

  1. Bunga Bangkai
Bunga bangkai melindungi diri dengan cara mengeluarkan aroma bangkai untuk menghindari pemangsa.

  1. Kelapa
Pohon kelapa memiliki buah dengan cangkang keras.

Hal ini untuk melindungi dari pemangsa agar tidak di makan.

Sampaikan hasilnya kepada teman di kelas!

Tulislah informasi pada peta pikiran dengan kalimatmu sendiri.

*) ini pertanyaan terbuka, masih banyak jawaban alternatif lainnya dan tidak fokus pada di atas.

Kunci Jawaban Halaman 24

Berdasarkan bacaan tersebut, isilah peta pikiran berikut!

Peta pikir terdapat enam kolom yang dapat Anda isi dengan:

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Baca Juga: Inilah Perkembangbiakan Vegetatif Pada Tumbuhan, Vegetatif Alami dan Vegetatif Buatan Bersama Contohnya

Kolom 'Apa'

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan momen awal Indonesia terbebas dari penjajahan.

Kolom 'Mengapa'

Proklamasi Kemerdekaan harus dilakukan agar Indonesia terbebas dari penjajahan yang telah lama menyengsarakan rakyat.

Kolom 'Siapa'

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan oleh Ir. Soekarno.

Kolom 'Di mana'

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan di kediaman Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945.

Kolom 'Kapan'

Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17 Agustus 1945.

Kolom 'Bagaimana'

Konsep teks Proklamasi Kemerdekaan disusun Bung Karno bersama Bung Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.

Diskusikan peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu!

Kembangkan informasi pada peta pikiran dan serahkan kepada gurumu.

Baca Juga: Kabar Gembira Buat Siswa dan Orangtua, Mendikbud Nadiem Makarim Bolehkan Murid dan Guru Minta Jatah Pulsa Internet ke Sekolah

Setelah belajar hari ini, tulislah beberapa hal berikut!

  • Hal apa yang paling menarik yang kamu pelajari hari ini? Mengapa?
  • Apakah ada hal yang masih membingungkan?
  • Apa yang akan kamu lakukan di sekolah terkait semangat persatuan?
*) Disclaimer:Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.

Sebagian soal di atas bersifat terbuka, artinya masih banyak alternatif jawaban dan tidak terpaku pada jawaban di atas, kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan jawaban.

(Tribunnews.com/Fajar)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma