Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 33 34 35 36 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Selasa, 18 Agustus 2020 | 14:45
dok. Indonesia.go.id

Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Fotokita.net -Inilah kunci jawaban Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 Kelas 6 SD/MI, Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Indahnya Kebersamaan.

Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 edisi revisi 2018 mengusung judul Persatuan dalam Perbedaan.

Sementara, Subtema 1 dalam buku ini mengusung judul Rukun dalam Perbedaan.

Dalam artikel ini, berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 3 di halaman 32-36.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Berikut kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 34 35 36 yang dikutip dari Buku Guru SD/MI Kelas 6 Tema 2 dan beberapa sumber:

Kunci Jawaban Halaman 32 dan 33

Ayo Menulis

Bacalah teks berikut dalam hati!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 2 3 4 5 6 7 8: Subtema 1 Pembelajaran 1, Selalu Berhemat Energi

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya.

Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung.

Baca Juga: Contoh Cara Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas, Ternyata Ada Tunas yang Bisa Dimakan Manusia!

Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini.

Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia.

Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah.

dok. GTV Mobile

Permainan Rangku Alu dari Nusa Tenggara Timur

Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan temantemannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu.

Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Begini Pengaruh Letak Astronomis Indonesia Buat Kehidupan yang Ada di Dalamnya, Mulai dari Iklim Sampai Zona Waktu

Dalam masyarakat Manggarai, Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.

dok. MIN 2 Kota Madiun

Permainan Rangku Alu dari Nusa Tenggara Timur

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!

Edo dan teman-temannya mau memperkenalkan seni dan kebudayaan suku-suku yang ada di Indonesia.

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

via Kompas.com (Kompas/JB Suratno)
via Kompas.com (Kompas/JB Suratno)

Bung Hatta (berdiri) ketika menjelaskan pendapatnya tentang saat-saat menjelang Proklamasi Kemerdekaan.

Seperti halnya dalam menyusun teks proklamasi yang dilakukan oleh para tokoh proklamator, Edo dan teman-temannya menentukan seni dan budaya yang akan ditampilkan dengan jalan musyawarah.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Contoh penerapan makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan, menumbuhkan sikap toleransi, mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi, saling menghargai dan menghormati sesama, dan melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat dan keputusan bersama.

*) Masih banyak alternatif jawaban lain yang relevan.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Peta Indonesia Diperbaharui, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Kunci Jawaban Halaman 34

Cinta terhadap seni Indonesia merupakan perwujudan dari makna Proklamasi Kemerdekaan.

Dalam mewujudkannya, kamu membutuhkan kerja sama dengan orang lain.

Indonesia memiliki ragam tarian yang sangat indah.

Keragaman tersebut menambah kekayaan Indonesia yang luar biasa.

Kamu sudah belajar tentang pola lantai tarian daerah dan mempraktikkannya.

Amatilah gambar berikut dan gambarlah pola lantainya!

Baca Juga: Jawaban Soal Apa Kesimpulan Tentang Ilmu Geografi dan Mengapa Penting untuk Kehidupan Kita? TVRI untuk SD kelas 4-6

Jawaban

Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Kemdikbud

Pola lantai Tari Seudati dan Andun

Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Kemdikbud

Pola Lantai Tari Tanduk dan Tari Tambun dan Bungai

Bandingkanlah gambar pola lantaimu dengan milik teman kelompokmu.

Praktikkanlah semua pola lantai tersebut dengan mereka.

Apakah kamu mengalami kesulitan dalam mempraktikkan pola lantai tarian daerah? Bagaimana kamu menyikapi perbedaan dengan teman?

Kunci Jawaban Halaman 35 dan 36

Ayo Berlatih

  1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda.
Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan.

Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat.

Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya.

Hari ini, Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di rumah Lani.

Baca Juga: Kumpulan Kunci Jawaban Soal Peta Baru Indonesia untuk SD Kelas 4-6 TVRI Rabu 12 Agustus 2020

Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong. Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja.

Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?

Bacalah soal tersebut dengan saksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Diketahui: 1 Kue Batik = 12 potong Kue Lani = 3 potong Kue peserta rapat = 31 potong Sisa kue di meja = 2 potong

Ditanya: jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin

Jawab: Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong Jumlah potongan kue = 36 potong

Jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.

1 kue batik = 12 potong Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong Jumlah kue batik = 3 potong

Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.

  1. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya.
Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?

Jelaskan bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Baca Juga: Berapakah Panjang Pensil Pada Gambar Tersebut? Jawaban Gampang Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Materi Satuan Baku Panjang

Diketahui: 1 kotak kue = 6 potong kue yang dibagi = 2 1/6 kotak Jumlah teman = 4 orang

Ditanya: Apakah kue cukup jika tiap teman mendapat 4 potong? Bagaimana jika setiap teman mendapat 3 potong kue?

Jawab: Jumlah kue = jumlah kotak x 6 potong Jumlah kue = 2 1/6 x 6 Jumlah kue = 13/6 x 6/1 Jumlah kue = 78/6 Jumlah kue = 13 Jumlah kue = 13 potong

Jika tiap teman mendapat 4 kue, maka kue yang dibutuhkan adalah:

Baca Juga: Begini Kunci Jawaban Soal TVRI untuk SD Kelas 4-6 Materi Satuan Baku Panjang

4 orang x 4 potong kue = 16 potong kue.

Maka kue tidak cukup karena jumlahnya hanya 13.

Jika tiap teman mendapat 3 kue, maka kue yang diperlukan adalah:

4 orang x 3 potong kue = 12 potong kue.

Maka kue cukup untuk 4 orang karena jumlahnya ada 13.

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah!

  • Apa yang kamu pelajari hari ini?
  • Apakah masih ada yang membuat kamu bingung? Jelaskan!
(Tribunnews.com/ Fajar)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma