Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 62-69

Rabu, 16 September 2020 | 05:35
BBC Indonesia

Ilustrasi menonton televisi

Fotokita.net - Inilah kunci jawabanBuku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya Pembelajaran 1 halaman 62-69.

Pertanyaan dan soal halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68, 69, berada pada Pembelajaran 1, Subtema 2 Penemuan dan Manfaatnya, dan Tema 3 Tokoh dan Penemu.

Kunci jawaban ini dirangkum dari berbagai sumber dan Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013 edisi revisi terbaru 2018.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 Subtema 1 Globalisasi Halaman 1-7

Diharapkan dengan hadirnya kunci jawaban Buku Tematik ini, bisa membantu para orang tua dalam membimbing siswa belajar di rumah ataupun di sekolah.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Pembelajaran 1 Subtema 2:

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Halaman 62

Baca Juga: Jelaskan Jenis Usaha dalam Kegiatan Ekonomi Bagi Penduduk yang Tinggal di Sekitar Pantai, Jawaban Soal Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

Si Kotak Ajaib

John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi.

Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925.

Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.

Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 1 Biografi BJ Habibie

Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik.

Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera.

Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi.

Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.

Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Subtema 2 Penemuan Komputer Halaman 99-100

Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.

Baca kembali teks tersebut dengan teliti, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf pada diagram berikut!

Jawaban:

- Paragraf 1: Topik Masalah

Penemuan televisi oleh John Logie Baird.

- Paragraf 2: Deret Penjelas

Prinsip kerja televisi yaitu mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gambar dan suara. Awalnya objek gambar yang ditangkap kamera diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal tersebut menjadi objek gambar yang utuh.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Halaman 109-115

- Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Televisi berfungsi sebagai penerima siaran video dan audio dari jarak jauh. Oleh karena itu, penemuan televisi termasuk penemuan yang mengubah peradaban dunia.

Kunci Jawaban Tema 3Kelas 6 Halaman 63

Perhatikan penggalan-penggalan kalimat bercetak miring pada teks tersebut.

Tuliskan pada kolom berikut untuk didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

Kalimat tersebut akan didiskusikan pada pembelajaran berikutnya.

Buku Tematik Kelas 6 SD

Kolom tugas buku tematik kelas 6 SD

Kunci Jawaban Tema 3Kelas 6 Halaman 64

Ayo Berdiskusi

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini terdapat banyak stasiun televisi yang menayangkan berbagai acara setiap hari, bahkan hampir selama 24 jam penuh. Jenis acara yang ditayangkan sangat beragam, seperti berita, film anak-anak maupun film dewasa, talk show, sinetron, dan acara hiburan lainnya.

Bagaimana kalian menyikapi hal tersebut?

Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

Diskusikan hal tersebut bersama teman, dan tuliskan hasilnya dalam diagram berikut:

Jawaban:

Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat di lingkunganku

Renungkan sikapmu selama ini terhadap keberadaan televisi di rumah.

Buku Tematik Kelas 6 SD

Pengaruh Televisi terhadap kehidupan masyarakat

Tuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat televisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupanmu!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 1 Subtema 3, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Halaman 141-145

Jawaban:

- Tidak menonton televisi terlalu lama

- Mematikan televisi ketika waktunya belajar

- Meminta bimbingan orang tua dalam memilih siaran

- Tidak meniru hal buruk yang disiarkan

Kunci Jawaban Tema 3Kelas 6 Halaman 66

Berikut sedikit petunjuk tentang rangkaian lampu paralel sederhana.

Rangkaian Paralel

Berbeda dengan rangkaian seri yang disusun sebaris, rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun berderet, di mana masing-masing lampu memiliki rangkaian tersendiri yang terhubung kepada sumber energi. Karena itu, apabila ada satu/lebih komponen yang rusak atau dicabut, maka komponen lainnya akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali.

Jawaban:

Gambar rancangan lampu paralel sederhana

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 4 Halaman 27-31

Berikan rancanganmu kepada guru untuk diperiksa.

Jika telah disetujui guru, sekarang kamu dapat membuat rangkaian lampu paralel berdasarkan rancangan tersebut!

Kunci Jawaban tema 3Kelas 6 Halaman 67 - 68

Buatlah laporan dari percobaan membuat rangkaian paralel sederhana yang kamu lakukan!

Jawaban:

Nama Percobaan: Membuat Rangkaian Lampu Paralel Sederhana

Tujuan Percobaan: - Mengenal rangkaian dasar listrik - Mengetahui proses aliran arus listrik rangkaian paralel - Melatih kreativitas

Alat-alat: - Alat: Tang dan cutter - Bahan: Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi.

Baca Juga: Inilah Makna 5 Sila Pancasila dan Contoh Penerapannya dalam Perilaku Sehari-hari, Yuk Kita Cari Tahu

Langkah Kerja :

  1. Membuat tanda pada triplek untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.
  2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan.
  3. Kupas ujung kabel dengan cutter, lalu sambungkan ke terminal positif dudukan baterai.
  4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut.
  5. Ambil kabel lain lalu kupas ujungnya. Kemudian sambungan kedua ujung kabel yang baru saja dikupas.
  6. Hubungkan sambungan kabel tersebut ke terminal input saklar. Kemudian potong kabel tadi sesuai jarak saklar dengan terminal input fitting lampu 1. Kupas ujung kabelnya dan sambungkan ke termina input fitting lampu.
  7. Kupas ujung kabel untuk disambung ke terminal output saklar. Kemudian sambungkan ke terminal input fitting lampu 2.
  8. Dari terminal output fitting lampu 1, ambil kabel untuk disambungkan ke terminal output fitting lampu 2. Namun jangan disambung dulu.
  9. Ambil kabel lagi untuk menghubungkan terminal output fitting lampu 1 dengan terminal negatif baterai. Kemudian sambungkan kedua ujung kabel yang menuju terminal output fitting lampu 1 lalu sambungkan ke terminal output fitting lampu 1 tersebut.
  10. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel.
  11. Pasang lampu ke masing-masing fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai.
  12. Rangkaian selesai dibuat.
Kesimpulan: Rangkaian paralel membuat arus listrik mengalir dalam dua jalur. Jika salah satu lampu dimatikan, lampu yang lain tetap menyala karena masing-masing lampu terhubung ke sumber listrik secara langsung.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 33 34 35 36 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Kunci Jawaban Tema 3Kelas 6 Halaman 69

Ayo Renungkan

Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan potensi (bakat) yang berbeda-beda.

Salah satu cara mensyukuri potensi yang kita miliki adalah dengan cara mengembangkan secara maksimal agar dapat memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 1 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 141-145 Kelas 6 SD, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuh

Kerja Sama dengan Orang Tua

Bersama orang tuamu, amati penemuan sederhana yang ada di sekitar rumahmu dengan melengkapi tabel berikut.

Disclaimer: - Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. - Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

(TribunPadang.com/Saridal Maijar)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma