Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Bersatu Kita Teguh Pembelajaran 2 Halaman 109-115

Selasa, 01 September 2020 | 05:25
TOTO SIHONO

Ilustrasi Bhinneka Tunggal Ika, pluralisme dan persatuan

Fotokita.net - Inilah kunci jawaban Buku Tematik untuk Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018halaman 109 110 111 113 114 115,

Buku Tematik untuk Kelas 6 SD Tema 2 ini memiliki judul Persatuan dalam Perbedaan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 1 Subtema 3, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan Halaman 141-145

Sementara itu Subtema 3 dalam buku ini mengusung judul Bersatu Kita Teguh.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 2 di halaman 108-115.

Berikut kunci jawaban Buku Tematik untuk kelas 6 SD Tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 halaman 109 110 111 113 114 115yang Fotokita.netkutip dari Buku Guru dan siswa SD/MI Kelas 6 Tema 2 serta beberapa sumber

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 4 Halaman 27-31

PIXABAY/TRUTHSEEKER08

Ilustrasi persatuan

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 109 dan 110

Amati gambar berikut!

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.

Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.

‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 33 34 35 36 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih kemerdekaan.

- Setelah mengamati gambar dan membaca teks, tulis hal-hal yang kamu ingin ketahui lebih lanjut pada potongan kertas dalam bentuk pertanyaan!

- Tempatkan potongan-potongan kertas berisi pertanyaan tersebut di tengah meja. Baca pertanyaan tersebut secara bergiliran, kemudian diskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara berkelompok!

- Tulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi!

Majalah Hai edisi 1992

Arti Sumpah Pemuda sangat penting guna persatuan bangsa

Jawab pertanyaan berikut!

  1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
Jawaban:Bersatu Kita Teguh yakni menyatukan berbagai perbedaan untuk membentuk satu kesatuan yang kuat.

***

  1. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Jawaban:Indonesia kaya akan keberagaman, maka persatuan dan kesatuan sangat penting guna mencapai tujuan bangsa Indonesia.

  1. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban:tidak memilih-milih teman, membantu teman yang kesusahan, menghargai perbedaan yang dimiliki orang lain.

Baca Juga: Inilah Makna 5 Sila Pancasila dan Contoh Penerapannya dalam Perilaku Sehari-hari, Yuk Kita Cari Tahu

***

Kemudian teman-teman akan diminta berdiskusi dengan kelompok. Hal yang harus didiskusikan yaitu menulis cerita pengalaman yang memuat manfaat persatuan dan kesatuan. Selain itu, cerita harus ada keterangan tempat serta waktu kejadiannya.

Jawaban:

Contoh cerita

Kejadian ini terjadi pada Senin 31 Agustus 2020. Saat itu aku pulang bersama teman-teman.

Ketika melewati gang dekat rumah, tiba-tiba kami mendengar tangisan.

Kami segera mencari sumber suara tangisan tersebut.

Ternyata benar ada anak kecil sedang menangis. Kami segera menghampirinya.

Ternyata dia menangis karena di rumah sendirian. Kami sepakat untuk menemani anak tersebut hingga orang tuanya pulang.

Tidak lama, ibu anak itu pulang. Kami pun berpamitan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 2 Subtema 2 Bekerja Sama Mencapai Tujuan Pembelajaran 4 Halaman 75-84

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 111

Ayo Berkreasi

Secara berkelompok, kamu akan mempraktikkan pola lantai tari Indang dari Sumatra Barat yang dilandasi nilai-nilai persatuan. Ketika kelompok lain melakukan penampilan, silakan membuat catatan penting tentang penampilan tersebut.

Kamu juga dapat memberikan komentar dan saran mengenai penampilan temanmu.

Sebelumnya kamu dapat membaca informasi tentang Tari Indang.

Pola Lantai Tari Indang

- Pola lantai tari indang adalah horizontal (lurus) - Penari berbaris membentuk garis lurus ke samping.

Tari indang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatra Barat. Tari Indang berasal dari kata Indang atau disebut juga Badindin.

Tari indang menyerupai tari Saman yang berasal dari Aceh.

Praktikkan pola lantai satu tarian bersama kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu bisa menambah menggambar pola lantai tersebut.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemu Pembelajaran 4 Halaman 33-40

Jawaban:

Tari Kecak menggunakan pola lantai melengkung. Penari laki-laki berjejer membentuk lingkaran.

Bentuk lingkaran dari tari Kecak biasanya terdiri dari 3 lapisan bahkan lebih. Para penari tidak berpindah tempat.

Mereka mengiringi tarian Kecak dengan mengucapkan "cak cak cak" sambil mengangkat kedua tangan dengan serempak.

***

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 113

Saat membersihkan halaman sekolah bersama teman-temannya, Edo menemukan selembar koran bekas dan ia membaca informasi berikut. (Gambar halaman 112)

Edo kemudian mendiskusikan pengumuman tersebut dengan Dayu. Mereka mencoba membahasnya.

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2 Buku Tematik Halaman 9-16, Rukun dalam Perbedaan

Apa yang dimaksud dengan 30%?

Bantulah Edo untuk memahami informasi tersebut. Diskusikan dugaanmu dengan temanmu!

Persen adalah angka dalam bentuk perbandingan atau juga rasio yang digunakan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase dilambangkan dengan tanda "%".

Pehatikan contoh berikut! Kotak ratusan berikut mewakili keseluruhan.

Tulislah bagian kotak yang berwarna biru dalam empat cara.

Jawaban:

- Banyaknya kotak biru = 55 - Banyaknya kotak putih = 45 - Banyak kotak keseluruhan = 100

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 32 33 34 35 36 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Menuliskan dalam empat cara:

  1. Dengan cara membandingkan yaitu, 55 dari 100 keseluruhan kotak adalah kotak biru.
  2. Menuliskan dalam pecahan yaitu, 55/100 dari keseluruhan kotak adalah kotak biru.
  3. Menuliskan dalam desimal yaitu, 0,55 dari keseluruhan kotak adalah kotak biru.
  4. Menuliskan dalm bentuk persen yaitu, 55% dari keseluruhan kotak adalah kotak biru.
***

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 114-115

Perhatikan kotak ratusan berikut! (Kotak A, B dan C di halaman 114)

Tulislah berapa persen kotak berwarna biru untuk masing-masing kotak ratusan di atas!

Jawaban: -Gambar A, kotak warna biru = 35% - Gambar B, kotak warna biru = 32% - Gambar C, kotak warna biru = 16%

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 1 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 141-145 Kelas 6 SD, Ayo Selamatkan Hewan dan Tumbuhan

Jawablah pertanyaan berikut!

  1. Sembilan puluh tujuh persen air bumi adalah air asin. Berapa persen air bersih yang ada di bumi?
Jawaban:3%

***

Jelaskan jawabanmu!

Jawaban:Persentase seluruh air – persentase air asin = air bersih

100% - 97% = 3%

Jadi, air bersih yang ada di bumi sebesar 3%

***

  1. Temukan jawabannya!
Santi membeli buku di toko diskon. Harga satu paket buku adalah Rp.400.000,00. Santi harus membayar Rp 320.000,00.

Berapa persen Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar?

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Soal Tema 2 Kelas 6 Halaman 18 21 24 25 Buku Tematik Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Jawaban:

Harga satu paket buku - harga setelah didiskon 400.000 – 320.000 = 80.000

Potongan harga : harga satu paket buku x 100%

80.000 : 400.000 x 100% = 20%

Jadi, Santi mendapat diskon atau potongan dari harga dasar sebesar 20%.

***

Bandingkan jawabanmu dengan teman kelompokmu!

Baca Juga: Inilah Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 83 85 86 87 88 89 Buku Tematik Subtema 2 Sumber Energi

Ayo Renungkan

- Apa nilai-nilai yang kamu pelajari hari ini? - Apa manfaatnya bagimu dan bagi orang lain? - Apa yang telah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Kerja Sama dengan Orang Tua

Ceritakan kepada orang tuamu tentang tari yang kamu tampilkan secara berkelompok hari ini di sekolah!

*)Disclaimer:Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.

Baca Juga: Jawaban Soal Mengapa Semua Unsur Pada Peta Memiliki Arti, Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 4-6

Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Sumber Buku:Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

(Tribunnews.com/Fajar)

Artikel ini telah tayang diTribunnews.comdengan judulKunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 109 110 111 113 114 115 Buku Tematik Pembelajaran 2 Subtema 3

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma