Follow Us

Senang Wisata Foto ke Cina? Hati-hati Pemerintah Cina Mata-matai Turis Asing Lewat Ponsel dengan Teknik Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 08 Juli 2019 | 15:32
Tembok Besar China
foto: tribunnews.com

Tembok Besar China

Fotokita.net - Siapa yang tak suka berfoto-foto di Tembok Besar Cina? Bangunan megah yang menjadi salah satu 7 keajaiban dunia UNESCO ini memang begitu menggoda untuk kita kunjungi.

Dengan beragam keunikannya, Cina telah menggoda kedatangan turis dari mancanegara. Apalagi, sejumlah penerbangan telah melayani ke beragam kota besar di negeri panda ini.

Namun, Cina bukanlah negara yang begitu terbuka dalam menerima kedatangan orang asing ke wilayah mereka.

Baca Juga: Benarkah Reklamasi dan Limbah Sebabkan Turunnya Panen Kerang Hijau?

Pemerintah Cina mengawasi gerak-gerik wisatawan asing yang masuk ke negara itu. Belakangan ini tersiar kabar, pemerintah Cina diketahui telah memata-matai wisatawan asing yang ingin masuk ke wilayah melalui ponsel mereka.

Pemerintah Cina menyusupkan perangkat lunak jahat alias malware ke dalam ponsel milik turis asing ketika mereka berada di wilayah perbatasan.

Malware laporan, tersebut diketahui dapat mengunduh data-data pengguna yang ada di dalam ponsel seperti pesan teks, catatan telepon, hingga kalender.

China Mata-matai Turis Asing Lewat Ponsel yang Dibawa
Breitbart

China Mata-matai Turis Asing Lewat Ponsel yang Dibawa

Tak hanya itu, malware tersebut juga kabarnya dapat memindai sekitar 73.000 file lain yang ada di dalam ponsel milik pengguna.

Menurut hasil investigasi bersama yang dilakukan The New York Times, Guardian, Motherboard, dan lembaga penyiaran Jerman NDR, malware bernama BXAQ atau Fengcai ini disusupkan ke ponsel milik turis yang melintasi perbatasan China ke wilayah Xinjiang.

Ponsel wisatawan asing yang ingin melintas dan masuk ke wilayah tersebut disita oleh para penjaga, dan pada saat itulah malware ini dibenamkan.

Baca Juga: Thoriq Meninggal Dunia Diduga Kelelahan dan Pingsan, Dokter di Cina Ini Juga Alami Hal yang Mirip. Lihat Fotonya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest