Bak Bumi dan Langit, Atta Halilintar Bangga Pamer Hidup Mewah, Anak Orang Terkaya Indonesia Malah Rela Tidur Tanpa AC: Panas-panas Dikit Nggak Apa-apa Lah

Minggu, 25 April 2021 | 10:37
instagram/armandtono_

Potret sederhana Armand Hartono

Fotokita.net - Bak bumi dan langit, Atta Halilintar bangga pamer gaya hidup mewah, anak orang terkaya Indonesia malah rela tidur tanpa AC: panas-panas dikit nggak apa-apa lah.

Belakangan ini, nama YouTuber kondang Atta Halilintar jadi kontroversi di tengah masyarakat. Maklum, suami Aurel Hermansyah itu disentil lantaran gemar pamer kemewahan di tengah kesulitan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Ade Armando secara terang-terangan mengkritik sikap Atta Halilintar yang kerap pamer kemewahan lewat media sosial.

Menurut Ade Armando, sikap Atta tersebutseperti tidak mempedulikan rakyat Indonesia yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Baca Juga: Pantas Harta Duniawinya Kalah Jauh dari Prabowo, Jumlah Uang yang Dikantongi Jokowi Bikin Syok Warga NTT: Saya Temukan di Jaketnya

Lebih jauh Ade Armando memberikan penjelasan, "Atta itu adalah perwakilan dari crazy rich Indonesia baru, orang kaya baru, yang lazim mempertontonkan gaya hidup yang mewah, tanpa peduli pada kondisi mayoritas rakyat Indonesia yang masih jauh dari sejahtera."

Kata Ade Armando, semakin Atta memamerkan kemewahannya, hal itu pun akan menjadi ancaman baru setelah paham radikalisme yang berkembang di Indonesia.

Ade Armando pun menegaskan begini, "Radikalisme keagamaan jelas jadi ancaman bangsa Indonesia, namun gaya hidup orang-orang kaya yang pamer kekayaan, ini menjadi ancaman baru."

Baca Juga: Anggap Ketua MPR Sebagai Ayah Sendiri, Atta Halilintar Nekat Lakukan Ini Saat Aurel Dituduh Sudah Ternoda Sebelum Malam Pertama

Itu sebabnya, Ade Armando pun berpendapat, sebaiknya hasil dari kerja keras itu bukan dihambur-hamburkan, namun bisa digunakan secara produktif.

Agar hal itu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menengah ke bawah.

"Poin saya, ketimpangan kaya-miskin di Indonesia masih tinggi. Karena itu uang tidak boleh dihambur-hamburkan."

"Melainkan harus digunakan seproduktif mungkin. Agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang masih miskin," tutur Ade.

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, Girang Dapat Jaket dari Jokowi, Pemuda NTT Ini Terkejut Temukan Uang di Kantongnya, Ternyata Segini Nilainya

Bak bumi dan langit, jika Atta Halilintar gemar pamer gaya hidup mewah hingga dapat kritik tajam, pewaris harta orang terkaya Indonesia ini malah rela hidup sederhana.

Putra bungsu dari pemilik PT Djarum Robert Budi Hartono, Armand Wahyudi Hartono memilih untuk hidup hemat, sederhana, dan cukup.

Sebagai informasi, Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia. Pada tahun 2021, kekayaannya yang berhasil dicatat majalah terkemuka Forbes mencapai19,1 miliar dollar AS, jika kurs dollar AS saat ini yakni Rp 14.500, maka jumlah kekayaannya dalam rupiah yakni sebesar Rp 277,23 triliun.

Baca Juga: Disentil Umbar Kemewahan di Tengah Masa Sulit, Atta Halilintar Ternyata Rela Lakukan Pekerjaan Hina Ini Demi Keluarga Gen Halilintar: Aku Lagi Nggak Ada Duit

Kolase bca.co.id dan tangkap layar Forbes
Kolase bca.co.id dan tangkap layar Forbes

Pamannya Punya Kekayaan Rp 520 Triliun Namun Suka Makan di Warung, Pewaris Grup Djarum dan BCA Hidup Irit dan Ogah Foya-foya, Armand Hartono: Nyalain ACnya Sebentar, kalau Mau Tidur Dimatikan, Panas Dikit Nggak Apalah...

Sementara saudara Budi Hartono, Michael Hartono yang berada di urutan kedua memiliki jumlah kekayaan sebesar18,3 miliar dollar AS atau setara Rp 265,62 triliun.

Baik Budi Hartono maupun Michael Hartono, merupakan pemilik dari perusahaan rokok Djarum.

Kedua bersaudara ini juga jadi pemegang saham mayoritas bank swasta terbesar Indonesia, Bank BCA.

Nah, meskipun menjadi pewaris harta orang terkaya di Indonesia, Armand Hartono malah memilih gaya hidup yang biasa saja. Dalam gaya hidupnya Armand tidak suka bertingkah aneh-aneh.

Baca Juga: Disentil Kerap Pamer Kemewahan di Tengah Kemiskinan, Atta Halilintar Nyatanya Dapat Selamat dan Doa dari Presiden Indonesia: Hatur Nuhun Aku Suka Banget

Sehari-hari Armand juga tidak boros dalam menggunakan uang dan fasilitas yang ia miliki.

Mungkin banyak orang akan memilih untuk hidup bergelimang harta dan penuh kemewahanjika ia memiliki ayah dengan total kekayaan lebih dariRp 277 triliun dan puluhan unit bisnis yang hampir mustahil bangkrut.

Banyak anak-anak pengusaha sukses Indonesia yang hidup dikelilingi kemewahan dan berperilaku seolah uang mereka tak akan habis tapi tidak dengan Armand Wahyudi Hartono.

Baca Juga: Cintanya Kandas dengan Penyiar Radio Kondang Itu, Anak Pengusaha Terkaya Indonesia Ini Justru Akan Nikmati Gaji Bulanan Rp 51 Juta. Kerjanya Pun Tak Perlu Tiap Hari Ngantor!

BCA.co.id
BCA.co.id

Armand Hartono

"Saya selalu berusaha hemat. Mulai dari hal kecil seperti listrik, kita bisasaving. Nyalain AC sebentar saja. Kalau sudah dingin, begitu mau tidur, AC kita matikan,"

"Kan yang paling penting pas mau tidur saja, di tengah-tengah panas dikit tidak apa-apalah," kata Armand.

Menurut Armand, boros tidak ada manfaatnya. Justru agar bisa sukses dan kaya, Armand lebih suka menghabiskan uangnya untuk menabung dan investasi.

Salah satu prinsip Armand adalah SRI (Simpanan, Riset dan Investasi).

Baca Juga: Sempat Deg-degan Hingga Ketakutan, Akhirnya Anak Nikita Mirzani Merasa Nyaman Jalani Pemeriksaan. Tapi, Gara-gara Kejadian Ini Dia Trauma Sampai Berhenti Main Medsos

Armand mengaku sangat menjunjung tinggi menabung atau menyimpan uang sebelum berinvestasi.

"Kita harus punya simpanan, tabungan. Tabung dulu saja sembari melakukan riset kira-kira investasi apa yang aman dan menguntungkan. Setelah itu baru coba investasi," lanjutnya.

Beberapa waktu laluArmand Hartono bahkan memamerkan kegiatannya saat jalan-jalan lewat akun Instagram pribadi, @armadhartono.

Baca Juga: Sudah Kantongi Bukti Video Pungli, Bobby Nasution Ogah Ladeni Debat Lurah Sidorame Timur Hingga Langsung Pecat Anak Buahnya: Telepon BKD, Suruh Ganti Bapak Ini

Bukan kemewahan yang ia tunjukkan, namun sepasang sepatu yang sudah koyak alasnya.

Ya, dalam akun Instagramnya, Armand Hartonotampak cuek jalan-jalan pakai sepatu tua.

Tak dinyana, sepatu kulit berwarna cokelat itupun jebol seketika.

Saat sepatu tua kesayangannya sobek, Armand lebih memilih membalutnya dengan lakban ketimbang membeli yang baru saat itu juga.

Baca Juga: Tujuan Warga India Kabur ke Indonesia Bikin Geram, Ini Penyebab Ledakan Kasus Corona di Negeri Bollywood Hingga Disebut Tsunami Covid-19

"Prepare for anything. Apa pun bisa terjadi, sepatu tua tiba2 sobek di perjalanan, untung ada lakban," tulisnya dalam akun Instagram @armadhartono, Senin (23/12/2019).

Postingannya ini pun langsung menuai berbagai macam komentar netizen.

Banyak netizen yang mengaku kagum dengan sifatnya yang rendah hati.

"Wong Jowo Puol iki. Ojo dumeh. Salut Boss Que," komentar akun @bamsugiarto.

Baca Juga: Terkuak, Foto Calon Istri Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Sang Pendakwah Minta Restu Kyai Sepuh NU Hingga Bikin Netizen Syok: Masya Allah

Instagram @armandhartono
Instagram @armandhartono

Anak bungsu bod Djarum tak malu pakai sepatu jebol saat jalan-jalan

"Da real Leader salut," tulis akun @rahadipurnawan.

"Low profile," timpal akun @mr.qmpoel_indonesia.

"Luar biasa Bos selalu mengajarkan yg kreatif n solusi," tambah akun @zeinke.

Ya, Armand memang sudah lama dikenal sebagai konglomerat yang sangat sederhana.

Saat bekerja di kantor pun Armand tidak menjaga gengsinya sama sekali.

Meski dia berada di posisi tinggi, Armand tidak ragu untuk tetap makan di kantin.

Baca Juga: Mertuanya Blak-blakan Ngaku Butuh Wartawan, Menantu Jokowi Ini Malah Didemo Jurnalis Selama 4 Hari Berturut-turut, Ternyata Begini Penyebabnya

"Gaya hidup juga harus dijaga, sederhana saja. Sehari-hari di kantor ya saya makan di kantin lho."

"Kalau ada nasabah besar yang potensial atau rekan bisnis datang berkunjung, baru saya ajak makan di tempat yang bagus, bukan di kantin," kata Armand sambil tertawa.

Armand sendiri masih memegang teguh filosofi Jawa karena dia besar di lingkungan orang-orang Jawa.

"Wong Jawa itu ngerti namanya cukup. Kita tidak perlu menunjukkan kalau usaha (bank) milik kita besar."

"Cukup tunjukkan kalau kita bisa menjadi institusi yang sehat dan terpercaya," pungkasnya.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam, Tangis Istri Serda Guntur Teknisi Senior Kapal Selam Pecah: Suami Saya Sebenarnya Sempat Tak Ingin Berangkat

Bukan hanya Armand, anggota keluarga Hartono yang lain juga tak kalah terkenal sebagai pribadi yang rendah hati.

Seperti yang baru-baru ini viral, Michael Hartono juga mendadak jadi sorotan lantaran ketahuan jajan tahu pong di warung.

Potret keberadaan Michael di sebuah warung sederhana pertama kali diunggah di laman Twitter @ayudh69.

Orang paling tajir di Indonesia itu tampak asyik makan tahu pong seorang diri tanpa gengsi.

Penampilan sederhana tampak jelas dari kaos polo yang dikenakannya.

Baca Juga: Dulu Kedatangannya Ditolak Mentah-mentah Jokowi, Pesawat Mata-mata Amerika P-8 Poseidon Kini Turun Tangan Cari KRI Nanggala-402, Kehebatannya BIkin Takut China

Tangkap Layar Twiter ayudh69
Tangkap Layar Twiter ayudh69

Michael Bambang Hartono makan di warung sederhana

Bahkan dari potret yang berdar, Michael Bambang Hartono disebut-sebut telah menjadi pelanggan setia warung tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, unggahan Twitter @ayudh69 sudah mendapat 27.4 ribu suka, 17,7 ribu kali dibagikan, dan 560 komentar.

Baca Juga: Bak Petir Menyambar, Atta Halilintar Pisah Ranjang dengan Aurel, Artis Ini Malah Dituding Rusak Rumah Tangga Pengantin Baru: Kemarin Kan Mereka Baru Ketemu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya