Follow Us

Tujuan Warga India Kabur ke Indonesia Bikin Geram, Ini Penyebab Ledakan Kasus Corona di Negeri Bollywood Hingga Disebut Tsunami Covid-19

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 24 April 2021 | 13:15
Umat Hindu di India berendam di Sungai Gangga dalam festival Kumbh Mela, Senin (12/4/2021).
(AP PHOTO/KARMA SONAM)

Umat Hindu di India berendam di Sungai Gangga dalam festival Kumbh Mela, Senin (12/4/2021).

Fotokita.net - Tujuan warga India kabur ke Indonesia bikin geram, ini penyebab ledakan kasus Corona di negeri Bollywood hingga disebut tsunami Covid-19.

Publik terkejut dengan adanya kabar sebanyak 117 warga negara India datang ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Rabu (21/4/2021).

Usut punya usut, tujuan kedatangan WN India ke Indonesia membuat geram publik. Akhirnya, berbagai pihak mengecam keputusan Dirjen Imigrasi Kemenkumham meloloskan 117 WN India di tengah ledakan kasus Covid-19 di negaranya.

Diberitakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kedatangan warga negara asing (WNA) India dalam jumlah besar ke Indonesia.

Baca Juga: Imigrasi Tak Bisa Larang Kedatangan Meski Bawa Virus Corona, 117 WN India Nekat Masuk Indonesia Demi Kepentingan Ini

Eksodus penduduk dari negara yang tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 ini membuat Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo kaget.

Kedatangan WNA India itu diungkap pihak Kemenkes saat rapat bersama tim Satgas Covid-19 Riau di Balai Serindit yang dipimpin Kepala BNPB, Doni Monardo dan Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (22/4/2021).

Rapat digelar lantaran Provinsi Riau menempati peringkat pertama dalam kasus Covid-19 di Pulau Sumatera sejak beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Titik Terang Penyelamatan KRI Nenggala-402 Makin Tampak, Pesawat Amerika P-8 Poseidon Sisir Wilayah Udara Bali, Unjuk Kemampuan Deteksi Kapal Selam

"Ada kedatangan WNI dan WNA. Kemarin sudah banyak warga India masuk ke Indonesia, banyak sekali," ujar Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes dr Bengat dalam rapat itu.

Menurut Bengat, WNA India itu datang ke Indonesia menggunakan jalur udara. Mereka masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Para WNA itu langsung dikarantina pihak Kemenkes. "Kami hari ini telah lakukan pemantauan ketat, karena informasi ada eksodus. Jadi untuk di Soekarno-Hatta kami telah minta mereka tempatkan satu hotel biar mudah mengawasi," kata Bengat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest