Pilih Fatimah Az Zahra Santri Gontor yang 24 Tahun Lebih Muda, Ustaz Abdul Somad Bikin Kecewa Lantaran Tolak Dijodohkan dengan Selebgram Cantik: Hanya Foto, Enggak Lebih

Minggu, 25 April 2021 | 08:58
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal via KOMPAS.com

Ustaz Abdul Somad

Fotokita.net - Pilih Fatimah Az Zahra santri gontor yang 24 tahun lebih muda, Ustaz Abdul Somad bikin kecewa karena tolak dijodohkan selebgram cantik: hanya foto, enggak lebih.

Nama Ustaz Abdul Somad kini sedang ramai diperbincangkan.

Penyebabnya, rencana pernikahan sang pendakwah kondang bocor di media sosial.

Entah siapa yang memulainya, formulir persetujuan calon pengantin model N4 sudah diajukan sejak Senin (1/3/2021).

Saat ditelusuri, di dalam formulir itu tercantum namacalon pengantin pria, yaitu Abdul Somad Batubara dengan kelahiran Silolama 18-05-1977.

Baca Juga: Terkuak, Foto Calon Istri Ustaz Abdul Somad, Begini Cara Sang Pendakwah Minta Restu Kyai Sepuh NU Hingga Bikin Netizen Syok: Masya Allah

Sementara itu, calon pengantin perempuan bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud kelahiran Jombang 01-10-2001.

Berdasarkan foto formulir tersebut, terkuak sosok calon istri Ustaz Abdul Somad.

FatimahAz Zahra Salim Barabud adalahwarga Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga: Wali Kota Cilegon Ancam Seret Raffi Ahmad ke Meja Hijau, Suami Nagita Slavina Diam-diam Sedang Jalani Gugatan di Pengadilan Negeri Depok, Ini Kasusnya

Hal tersebut diketahui dari isian biodata yang dituliskannya di formulir.

Pada formulir tersebut juga diketahui bahwa Fatimah lahir di Jombang, 1 Oktober 2001.

Alhasil, usia Fatimah sekarang masih 19 tahun.

Tak banyak yang tahu seperti apa sosok Fatimah Az Zahra Salim Barabud, gadis Jombang yang akan dinikahi penceramah terkenal Ustaz Abdul Somad (UAS).

Baca Juga: Alas Shalat Termasuk Daftar Barang Temuan Tim Pencari, Foto Kru KRI Nanggala-402 Shalat Berjamaah di Geladak Kapal Bikin Air Mata Tumpah, Netizen: Mberebes Mili Liatnya

Selain karena tak memiliki pamor setenar UAS, Fatimah juga sangat jarang berada di Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan. Maklum, Fatimah tercatat sebagai salah seorang santri di Pondok Pesantren Gontor.

Saat ditemui di kantornya Sabtu 24 April 2021,Anis Prasetyo Ari, Sekretaris Desa Kepuhkembeng, berujar,“Memang benar dia adalah warga kami, tapi kami tidak mengenal jauh. Sebab sangat jarang ada di rumah.”

Dari data kependudukan yang dimiliki Pemerintah Desa Kepuhkembeng, Fatimah adalah anak dari pasangan Salim Sholeh Barabud dan Bibi Kulsum.

Baca Juga: Listrik KRI Nanggala-402 Diduga Masih Menyala, Cadangan Oksigen Bisa Tahan 5 Hari, Maia Estianty Kirim Doa: Ya Allah Jangan Engkau Buat Mereka Menderita

Tribun Bogor

Formulir Pendaftaran Pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah

Kedua orang tua Fatimah adalah pengusaha sukses, dan memiliki rumah di Perum Kepuh Permai blok D-4.

“Aktivitasnya berdagang, kalau tidak salah bisnis kulit,” imbuh Anis Prasetyo Ari.

Dari informasi yang beredar di lingkungan perumahan, Fatimah juga merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. “Kami tidak banyak tahu mengenai keluarga tersebut,” pungkas Anis Prasetyo Ari.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Rakyat Desa Kepuhkembeng Anang Khoiruddin menambahkan, dia sempat berbincang dengan ayah Fatimah ketika datang ke balai desa mengantar berkas permohonan nikah.

Baca Juga: Sudah Kantongi Bukti Video Pungli, Bobby Nasution Ogah Ladeni Debat Lurah Sidorame Timur Hingga Langsung Pecat Anak Buahnya: Telepon BKD, Suruh Ganti Bapak Ini

“Pak Salim bercerita kalau anaknya (Fatimah) itu mondok di Gontor, dan merupakan hafidzah. Mungkin dari sini perjodohannya terjadi,” kata Anang.

Sayangnya hingga berita ini ditulis, belum satupun keluarga Fatimah bisa ditemui. Di rumahnya hanya ada seorang asisten rumah tangga. Itu pun enggan memberikan penjelasan apapun.

Tetangga sekitar rumah juga memilih irit bicara ketika dimintai informasi seputar Fatimah dan keluarganya.

Bahkan ketika sejumlah awak media tiba di depan rumah Fatimah, sejumlah tetangga memilih masuk ke rumah dan menutup pintu rapat-rapat.

Baca Juga: Cicipi Masakan Hidangan Buka Puasa Ramadhan 1442 H Bisa Batalkan Puasa? Simak Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Mardiansyah Triraharjo/Ngopibareng.id

Rumah Fatimah Az Zahra Salim Barabud, calon istri penceramah terkenal Ustad Abdul Somad (UAS) di Perum Kepuh Permai blok D-4, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Jauh sebelum rencana pernikahan Ustaz Abdul Somad dan Fatimah Az Zahra bocor, sang pendakwah sempat diisukan dekat denganAyana Moon, selebgram asal Korea yang memutuskan menjadi mualaf.

Isu kedekatan ini bermula dariberedarnya foto Ustaz Abdul Somad dan selebrgam cantik itu. Foto bareng mereka diunggah akun Instagram Ayana Moon, @xolovelyayana.

Dalam foto tersebut Ayana Moon terlihat mengenakan hijab putih dan UAS dengan baju hitam, keduanya senyum ke arah kamera.

Ustaz Abdul Somad berfoto bersama Ayana sembari memegang sebuah buku yang ditulis oleh sang selebgram cantik berjudul ‘Ayana Journey to Islam’, yakni tentang perjalanannya memutuskan untuk masuk Islam.

Baca Juga: Inilah Bacaan Niat Puasa Ramadhan, Niat Shalat Tarawih dan Doa Buka Puasa, Lengkap dengan Latin serta Terjemahannya

Ternyata foto itu diambil saat UAS dan model kosmetik halal di Indonesia itu sama-sama mengisi acara Islamic Book Fair di Jakarta Convention Center, pada 1 Maret 2020.

“Akhirnya saya bisa bertemu Ustadz Abdul Somad. Sebenarnya saya ingin sekali bertemu Ustadz sejak dulu tapi belum diberi kesempatan. Saya merasa terhormat bertemu dan bisa memberi buku saya untuk Ustadz Abdul Somad. Terima kasih saya sudah diizinkan foto bersama @ustadzabdulsomad_official,” tulis Ayana dalam keterangan fotonya.

Ternyata unggahan foto Ayana bareng UAS membuat netizen bereaksi. Mereka mengharapkan keduanya berjodoh, menyatu hingga ke pelaminan.

Baca Juga: Inilah Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir Berjamaah Maupun Sendiri, Lengkap dengan Bacaan Latin serta Terjemahannya

Kolase Instagram.com/xolovelyayana
Kolase Instagram.com/xolovelyayana

Selebgram asal Korea Selatan, Ayana Moon dijodoh-jodohkan dengan Ustaz Abdul Somad (UAS).

Mereka beranggapan bahwa Ayana dan UAS terlihat sangat serasi dan tak sedikit yang mendoakan keduanya agar bisa berjodoh.

“Semoga disatukan oleh Allah SWT.”

“Alhamdulillah serasi sekali mudah-mudahan berjodoh.”

“Masya Allah. Semoga berjodoh.”

Dalam kanal YouTube Refly Harun, UAS akhirnya menjawab rasa penasaran publik tentang hubungannya dengan Ayana Moon.

Baca Juga: Air Mata Basahi Pipi Mulusnya Usai Peluk Mesra Ariel NOAH, BCL Lakukan Ritual Sambut Ramadhan Bersama Sosok Tercinta: Al Fatihah

Video berjudul ‘Part II: Pecah Lagi!!! Ada Ayana Moon Dalam Bincang Refly-Ustadz Abdul Somad’ diunggah pada 7 Juni 2020.

“Saya presentasi beda buku di Islamic Book Fair di Jakarta. Setelah presentasi ada orang mau menyerahkan buku ke saya mau foto. Itu lah YouTubers dan selebgram Ayana Moon. Lalu foto. Hanya itu saja. Enggak lebih,” ungkap UAS.

Setelah itu, UAS mengaku tak ada lagi komunikasi dengan Ayana Moon. "Enggak pernah komunikasi setelah ini?" tanya Refly.

"Enggak lebih," jawab UAS.

Baca Juga: Digadang-gadang Naik Pelaminan dengan Febby Rastanty, Verrel Bramasta Malah Kepergok Goda Artis Cantik Ini Hingga Singgung Waktu Nikah

Tangkapan layar YouTube Refly Harun

Ustaz Abdul Somad menjawab pertanyaan Refly Harun soal kabar kedekatannya dengan selebgram Ayana Moon.

Mendengar penjelasan UAS, ahli hukum tata negara tersebut berbalik mendoakan agar sahabatnya itu berjodoh dengan Ayana Moon.

“Tapi kan kalau Tuhan menjadikan jodoh ustadz enggak apa-apa juga,” tutur Refly Harun sambil tertawa.

UAS ikut tersenyum, “Bang Rafly nampaknya mancing-mancing juga itu,” balasnya.

Belum selesai, Refly terus memancing UAS. Dia berharap Ayana Moon menonton video mereka.

Baca Juga: Blak-blakan Sebut Tak Tahu Lagi Kabar Putri Kandungnya, Elly Sugigi Mendadak Kehilangan Sosok Tercinta: Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun

“Jodohkan di tangan yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan Ayana Moon mendengarkan ini kan,” katanya.

Ustaz Abdul Somad telihat tersipu malu saat nama Ayana Moon kembali disebut. Ia tidak ingin perbincangan ini disalahartikan oleh netizen.

“Hehe ini nanti dipotong netizen lagi nih bang,” tuturnya sambil tersenyum.

Baca Juga: Tujuan Warga India Kabur ke Indonesia Bikin Geram, Ini Penyebab Ledakan Kasus Corona di Negeri Bollywood Hingga Disebut Tsunami Covid-19

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya