Follow Us

Dikira Suhu Ternyata Cupu, Ayah Mario Dandy Mendadak Miskin, Harta Kunciannya Keburu Diblokir

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 12 Maret 2023 | 17:07
Ayah Mario Dandy saat menjalani pemeriksaan di KPK. Harta kuncian Rafael Alun diblokir.
Kristianto Purnomo/Kompascom

Ayah Mario Dandy saat menjalani pemeriksaan di KPK. Harta kuncian Rafael Alun diblokir.

Fotokita.net - Ayah Mario Dandy Satriyo, Rafael Alun Trisambodo disebut mendadak miskin. Sebab, harta kunciannya keburu diblokir oleh PPATK sebelum sempat diambil. Dikira suhu ternyata cupu.

Nama dan harta Rafael jadi sorotan usai anaknya, Mario Dandy Satriyo (20), ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap David Ozora (17). Harta Rafael senilai Rp 56 miliar disorot karena dianggap tak sesuai profil selaku ASN.

Selain itu, mobil Rubicon dan moge Harley-Davidson yang kerap dipamerkan Mario Dandy ternyata tak ada di LHKPN Rafael. Akibat harta yang dianggap tak wajar itu, Rafael dipanggil KPK untuk keperluan klarifikasi.

KPK kemudian menyatakan telah memulai penyelidikan kasus dugaan korupsi Rafael Alun. KPK pun mengusut dugaan suap dan gratifikasi terhadap Rafael.

Seiring dengan penyelidikan KPK, PPATK juga melakukan penelusuran hingga pemblokiran sejumlah rekening terkait rafael. Mutasi dari rekening terkait Rafael itu berjumlah Rp 500 miliar.

Terkini, PPATK menyatakan ada temuan uang diduga milik Rafael Alun disimpan dalam safe deposit box salah satu bank. Uang itu terdiri dari pecahan mata uang asing.

"Iya," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat dihubungi detikcom, Jumat (10/3/2023). Ivan menjawab hal itu saat ditanya soal kabar temuan uang milik Rafael Alun di safe deposit box.

"Ya (puluhan miliar rupiah). Mata uang asing," sambungnya.

Ivan mengatakan uang itu berbeda dari mutasi rekening Rp 500 miliar yang disebut terkait Rafael Alun. Uang dalam safe deposit box itu disebut setara dengan Rp 37 miliar.

PPATK pun menelusuri secara detail asal duit tersebut. Meski demikian, ada dugaan uang di safe deposit box tersebut merupakan hasil suap.

Baca Juga: Akhirnya Terkuak Juga, Ini Sosok Amanda Alias APA yang Bikin Ayah Mario Dandy Senang dengan Statusnya

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest