Follow Us

Dikejar Sampai ke Lubang Semut, Tangan Kanan Ayah Mario Dandy Ngumpet di Tempat Ini, Rafael Alun Jadi Miskin?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 07 Maret 2023 | 11:34
Ayah Mario Dandy, Rafael Dandy menjalani pemeriksaan di gedung KPK. Tangan kanannya mengumpet di tempat ini.
Kristianto Purnomo/Kompascom

Ayah Mario Dandy, Rafael Dandy menjalani pemeriksaan di gedung KPK. Tangan kanannya mengumpet di tempat ini.

Fotokita.net - Orang kepercayaan alias tangan kanan ayah Mario Dandy Satriyo, Rafael Alun Trisambodo dikabarkan mengumpet di tempat ini. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergerak cepat mengejarnya sampai ke lubang semut. Rafael Alun siap-siap jadi miskin?

Harta kekayaan Rafael menjadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satrio menganiaya anak pengurus GP Ansor, Cristalino David Ozora. Rafael adalah pejabat eselon III di Ditjen Pajak yang tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp56 miliar.

Rafael telah menjalani proses klarifikasi oleh KPK mengenai harta kekayaannya tersebut pada Rabu (1/3/2023).

Adapun KPK memastikan bakal mengusut dugaan tindak pidana suap dan gratifikasi sebelum menyentuh tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan Rafael.

KPK menilai Rafael yang terlibat dugaan pencucian uang, memiliki kepiawaian dalam menyembunyikan hartanya

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan bahwa Rafael melakukan pembelian aset dengan menggunakan nama orang lain atau memakai nominee. Dengan cara ini, maka hartanya tidak akan dapat dilacak dari LHKPN.

Selain itu, canggihnya, Rafael menaruh uangnya dalam saham perusahaan. Dalam LHKPN, pencatatan saham hanya dicantumkan dalam bentuk nominal.

"Pola silatnya canggih. Pakai nominee. Salah nggak? Nggak salah. Gue beli atas nama lu, nggak salah kan di LHKPN? Kenapa nggak masuk? Orang nama lu masak gue masukin tapi sebenarnya gue yakin lu yang beli," ungkap Pahala.

"Udah gitu pakai PT. LHKPN kalau PT itu cuma nominal saham. Urusan PT berkembang transaksinya apa dan lain-lain. Gue nggak bisa lihat. Canggih nggak? Itu antara lain yang gue pelajari. Nanti kalau gue sudah makin paham jurusnya gue kasih tahu," tambah Pahala.

Hal ini menandakan bahwa Rafael merupakan orang yang piawai mengelola hartanya, karena latar belakangnya di pajak. Dengan demikian, Pahala melihat proses klarifikasi harta Rafael Alun bisa memakan waktu yang cukup panjang.

Selain itu, aset-aset Rafael Alun bernilai cukup besar seperti tanah dan properti. "Ada pastilah. Teman-temannya kan kita dengar-dengar juga, ya kita petain juga," ucap Pahala.

Baca Juga: Sampai Ikut Geregetan, Ayah Mario Dandy Tak Bisa Dijebloskan ke Bui Karena Hal Ini, Padahal Hartanya Gak Wajar

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular