Follow Us

Bukan Kamera Mahal, Cara Foto yang Bagus Cukup Pegang 2 Kuncinya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 20 Januari 2023 | 00:00
Apabila ingin tahu cara membuat foto yang bagus ternyata kita cukup memegang 2 kuncinya. Jadi, bukan kamera mahal.
Iwan Santosa/Inspirensis

Apabila ingin tahu cara membuat foto yang bagus ternyata kita cukup memegang 2 kuncinya. Jadi, bukan kamera mahal.

Fotokita.net - Kemampuan fotografi mumpuni menjadi impian banyak pemegang kamera HP. Dengan dibekali teknologi terdepan, mereka seakan ingin membuktikan foto yang dihasilkan mampu menyaingi kamera mahal.

Padahal bukan faktor alat fotografi yang menguras rekening. Cara membuat foto yang bagus justru cukup pegang 2 kuncinya.

Foto sudah menjadi bagian penting dari keseharian kita. Wajar, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk visual.

Kita cenderung lebih mudah berkomunikasi melalui gambar, daripada membaca tulisan. Manusia juga lebih mudah memahami dan memercayai gambar, dibandingkan hanya dengan kata-kata.

Apakah Anda percaya, bila kami bercerita bahwa pada zaman dahulu kala, manusia repot sekali ketika ingin mengabadikan sebuah gambar?

Sebelum fotografi ditemukan, manusia mengabadikan pemandangan alam atau potret wajah dengan cara dilukis, bukan difoto. Foto pertama yang berhasil dibuat, gambarnya pun tidak begitu jelas.

Apakah Anda percaya, bila kami menceritakan bahwa pada suatu ketika ada seorang fotografer yang harus membuat kamera, membangunnya dari nol, hanya untuk keperluan memotret sebuah kejadian?

Kamera itu berukuran raksasa, bahkan sampai perlu beberapa orang untuk mengoperasikan satu kamera tersebut.

Medium Komunikasi Visual

Itulah fungsi paling mendasar dari fotografi, yaitu merekam kejadian atau sesuatu, dan menyampaikan kejadian atau sesuatu itu agar bisa disaksikan oleh orang lain. Orang lain yang menyaksikan foto tersebut tidak hanya ikut melihat saja, tapi juga ikut memahami dan merasakan apa yang ingin disampaikan oleh si pembuat foto.

Terima kasih kepada Nicéphore Niépce, sang penemu fotografi. Tak terbayangkan kehidupan dan peradaban manusia bila fotografi tak pernah ditemukan.

Baca Juga: Cara Foto Estetik dengan Kamera HP Android, Coba Trik Sederhana Ini

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular