Follow Us

Unggah Foto Karangan Bunga, Aipda Ambarita yang Kini Terancam Sanksi Sempat Jalani Profesi Ini Usai Gagal Masuk TNI

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:10
Video viral Aipda Ambarita memeriksa handphone warga saat patroli berbuntut panjang. Aipda Ambarita kini terancam sanksi dari Polri.
Instagram

Video viral Aipda Ambarita memeriksa handphone warga saat patroli berbuntut panjang. Aipda Ambarita kini terancam sanksi dari Polri.

Fotokita.net - Aipda Monang Parlindungan Ambarita atau Ambarita mengunggah foto karangan bunga yang ditujukan kepada dirinya di media sosial. Ternyata Aipda Amabarita yang kini terancam dapat sanksi sempat jalani profesi ini usai gagal masuk TNI.

Nama Aipda Ambarita menjadi sorotan. Bukan hanya netizen, Aipda Ambarita juga dibahas oleh Kompolnas, Indonesia Police Watch (IPW) hingga anggota DPR RI. Semuanya bermula dari aksi menggeledah handphone milik seorang anak muda ketika melakukan patroli di jalan.

Setelah video rekaman aksi Aipda Ambarita viral, anggota polisi yang menjabat Banit 51 Unit Dalmas Satsabhara Polres Metro Jaktim ini dimutasi sebagai Bintara Bid Humas Polda Metro Jaya.

Aipda Ambarita sendiri sudah dikenal luas publik. Maklum, anggota polisi berbadan tegap ini memiliki kanal YouTube sendiri yang sudah mendapat penghargaan silver button sejak tahun 2020. Aipda Ambarita juga memiliki akun Instagram dengan jumlah pengikut lebih dari 285 ribu akun. Tentu saja, semua prestasi itu di atas rata-rata untuk ukuran seorang anggota kepolisian.

Begitu kabar Aipda Ambarita dimutasi hingga terancam sanksi, bapak dua anak ini banjir dukungan dari penggemarnya. Aipda Ambarita mendapatkan karangan bunga yang berisi dukungan terhadap kegiatan sehari-harinya sebagai penegak hukum. Foto karangan bunga ini yang diunggah Aipda Ambarita di Instagram Story miliknya. Lihat foto karangan bunga Aipda Ambarita di artikel ini.

Baca Juga: Ramah Diajak Foto Bareng Fans, Aipda Ambarita Ternyata Dibikin Gigit Jari di Ujian Masuk Akmil, Kini Dicopot Gegara Video Viral Periksa HP

Aksi Aipda Ambarita menggeledah paksa HP seorang pemuda itu viral di media sosial. Tidak jelas kapan peristiwa itu terjadi, tetapi Ambarita mendapat banyak kritikan karena menggeledah tanpa surat perintah.

Dalam video itu, Aipda Ambarita terlihat ngotot dan beralasan petugas kepolisian memiliki wewenang untuk memeriksa HP pemuda tersebut. Meski pemuda itu tampak sudah menolak saat dilakukan pemeriksaan paksa oleh Aipda Ambarita, Ambarita memaksanya.

"Tahu tugas dan wewenangnya polisi? Undang-undangnya privasi itu apa sih? Kita adu data," ucap Ambarita dalam video yang viral, seperti dilihat, Selasa (19/10/2021).

Ambarita lalu mencecar pemuda itu soal tugas dan wewenang polisi. Menurut Ambarita, polisi punya wewenang identitas masyarakat. Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi saat Tim Jaguar Polres Metro Jakarta Timur melakukan patroli dan direkam video.

"Wewenang polisi memeriksa identitas, identitas. Tahu kau definisi identitas itu apa? Harus tau kami siapa kau," kata Ambarita. Dia tidak memberi kesempatan pemuda itu untuk berbicara, namun justru terus mencecarnya. "Kalau ada perencanaan pembunuhan di situ? Memang saya kenal sama kau?," ujar Ambarita dengan nada tinggi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest