Follow Us

Ramah Diajak Foto Bareng Fans, Aipda Ambarita Ternyata Dibikin Gigit Jari di Ujian Masuk Akmil, Kini Dicopot Gegara Video Viral Periksa HP

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:37
Nama Aipda Ambarita semakin moncer saat menjadi Komandan Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur. Kini dia dicopot dari jabatannya.
Instagram

Nama Aipda Ambarita semakin moncer saat menjadi Komandan Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur. Kini dia dicopot dari jabatannya.

Fotokita.net - Aipda Monang Parlindungan Ambarita atau Ambarita selalu ramah diajak foto bareng fans. Anggota polisi ini dikenal punya banyak penggemar di jagat maya. Siapa sangka, Aipda Ambarita ternyata gigit jari di ujian masuk Akademi Militer (Akmil). Kini dia terancam sanksi gegara video viral periksa HP.

Nama Aipda Ambarita sedang menjadi sorotan publik. Semuanya bermula dari video viral periksa HP yang tersebar luas di media sosial. Dari situ, netizen ramai-ramai mengkritik sikap Aipda Ambarita.

Dalam video viral itu, menggeledah paksa HP seorang pemuda. Ambarita mendapat banyak kritik karena menggeledah tanpa surat perintah. Aipda Ambarita terlihat ngotot dan beralasan petugas kepolisian memiliki wewenang untuk memeriksa HP pemuda tersebut.

Meski pemuda itu tampak sudah menolak saat dilakukan pemeriksaan paksa oleh Aipda Ambarita, Ambarita memaksanya. "Tahu tugas dan wewenangnya polisi? Undang-undangnya privasi itu apa sih? Kita adu data," ucap Ambarita dalam video yang viral, Selasa (19/10/2021).

Aipda Ambarita lalu mencecar pemuda itu soal tugas dan wewenang polisi. Menurut Ambarita, polisi punya wewenang identitas masyarakat. Untuk diketahui, peristiwa ini terjadi saat Tim Jaguar Polres Metro Jakarta Timur melakukan patroli dan direkam video.

"Wewenang polisi memeriksa identitas, identitas. Tahu kau definisi identitas itu apa? Harus tau kami siapa kau," kata Ambarita. Ambarita tidak memberi kesempatan pemuda itu untuk berbicara, namun justru terus mencecarnya. "Kalau ada perencanaan pembunuhan di situ? Memang saya kenal sama kau?," ujar Ambarita dengan nada tinggi.

Baca Juga: Foto Kapolda Sulteng Temui Korban Mesum Kapolsek Parigi Beredar, Rupanya Istri Oknum Polisi Bejat Punya Profesi Mulia

Aipda Ambarita sudah sering wira-wiri di layar televisi. Wajahnya begitu dikenal masyarakat. Sekalipun belum mendapatkan verifikasi, akun Instagram Aipda Ambarita sudah memiliki lebih dari 282 ribu pengikut. Jumlah yang cukup besar untuk ukuran seorang aparat kepolisian.

Nama Aipda Ambarita semakin moncer saat menjadi Komandan Raimas Backbone Polres Metro Jakarta Timur. Wajahnya yang garang, sikap tegas, dan aksinya bak jagoan kerap menghiasi layar kaca ketika sedang menindak pelanggar kamtibmas.

Aipda Ambarita memimpin Raimas Backbone sejak tahun 2017. Tim ini bertugas mengurai, membubarkan, dan melokalisasi massa yang melakukan tindakan anarkis yang berpotensi mengganggu kamtibmas.

Itu sebabnya, Aipda Ambarita memiliki banyak fans di Tanah Air. Dia selalu ramah diajak foto bareng fans saat berada di mana pun. Ambarita juga pernah foto bareng Indra Bekti ketika berjumpa di sebuah acara Kompas TV.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest