Follow Us

Media Asing Kuliti Akar Masalah Lapas Tangerang, Foto Yasonna Laoly di Depan Wartawan Jadi Sorotan, Netizen: Fashion Anak Jaksel

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 09 September 2021 | 17:42
Foto Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly di depan wartawan jadi sorotan. Netizen ramai berkomentar.
Instagram

Foto Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly di depan wartawan jadi sorotan. Netizen ramai berkomentar.

Fotokita.net - Media asing menguliti akar masalah yang memicu kebakaran Lapas Tangerang hingga merenggut nyawa 43 narapidana (napi). Tapi, foto Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly di depan wartawan jadi sorotan. Netizen ramai berkomentar.

Kebakaran di Lapas Tangerang menjadi sorotan lembaga masyarakat sipil, salah satunya Institute for Criminal Justice Reform (ICJR). Lembaga ini menyatakan, Lapas yang berada di Kota Tangerang, Banten, itu melebihi kapasitas atau overcapacity.

Berdasarkan data ICJR, pada Agustus 2021, Lapas tersebut memuat penghuni sebanyak 2.087 warga binaan. "Padahal, kapasitas Lapas tersebut hanya untuk 600 WBP, dengan kondisi ini beban Lapas Kelas I Tangerang mencapai 245 persen," ujar peneliti ICJR Maidina Rahmawati dalam keterangan tertulis.

Menurut Madina, lapas yang melebihi kapasitas tersebut menyebabkan upaya pengawasan, perawatan, hingga mitigasi tidak berjalan efektif. "Hal ini jelas berdampak pada upaya mitigasi Lapas dalam kondisi darurat, misalnya kebakaran," ucap dia.

Dalam pernyataan bersama ICJR, IJRS, dan LeIP, kondisi Lapas yang mengalami overcrowding akan berdampak pada rendahnya pemenuhan hak warga binaan dan tahanan.

Dari sisi fasilitas, para warga binaan tidak akan mendapatkan fasilitas yang layak, seperti tempat tinggal yang layak, ruang sel yang memadai, sanitasi yang bersih, dan perawatan medis.

Baca Juga: Foto Korban Kebakaran Lapas Tangerang Disorot Media Amerika, Anak Buah Jokowi Akui Pemerintah Lakukan Kesalahan Ini

Warga binaan dan tahanan yang ada dalam Rutan dan Lapas yang mengalami ketidakpuasan akan kondisi tersebut tidak akan menjamin ketertiban dan keamanan emosi yang kemudian berpotensi menciptakan kerusuhan di dalam rutan dan lapas.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya aksi kerusuhan di dalam rutan dan lapas yang berujung pada terbakarnya lapas dan rutan. Dalam catatan mereka, terdapat lima rutan dan lapas yang terbakar karena kerusuhan oleh penghuni. Salah satunya adalah kebakaran di Lapas Manado kelas IIA pada April 2020 yang diakibatkan oleh kerusuhan.

Foto kebakaran Lapas Tangerang disorot media Amerika, anak buah Presiden Jokowi mengakui pemerintah melakukan kesalahan ini. Dia mengakui pemerintah lalai atas insiden kebakaran tersebut. Permasalahan lapas yang melebihi kapasitas atau overcapacity terungkap lagi.

Media asing menguliti akar masalah kebakaran Lapas Tangerang yang terjadi pada Rabu dini hari hingga merenggut nyawa 43 narapidana itu.

Mereka menguliti akar masalah Lapas Tangerang, yaitu kelebihan penghuni dan usangnya sistem kelistrikan Lapas. Dalam artikel yang berjudul "At Least 41 Prisoners, Some Trapped in Cells, Die in a Fire in Indonesia", New York Times menuliskan, penjara itu bergulat dengan kelebihan penghuni. Sebab, penjara yang dibangun untuk kapasitas 900 narapidana itu justru harus menampung 2.072 orang.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest