Follow Us

Dijuluki Monster Bawah Laut, KRI Nanggala 402 yang Hilang Kontak Sempat Jalani Perawatan Selama 3 Tahun di Korea Selatan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 21 April 2021 | 20:19
KRI Nanggala.
Foto wikipedia

KRI Nanggala.

Fotokita.net - Dijuluki monster bawah laut, KRI Nanggala 402 yang hllang kontak sempat jalani perawatan selama 3 tahun di Korea Selatan.

Kabar kurang sedap datang dari TNI Angkatan Laut. Saat ini, TNI AL sedang mencari salah satu alutsista Nusantara yang hilang kontak, kapal selam KRI Nanggala 402.

Kapal selam KRI Nanggala 402 ini dinyatakan hilang kontak bersama 53 awak di dalamnya pada Rabu (20/4/2021).

Kapal selam buatan Jerman tahun 1978 itu diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali.

Baca Juga: Terus Koar-koar Tantang Polisi dari Negara Ini, Jozeph Paul Zhang Ngaku Sudah Buang Paspor Indonesia: Jadi Kasus Saya Tidak Bisa Diproses

Insiden hilangnya KRI Nanggala-402 itu pun dibenarkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ia mengatakan, kapal itu dikabarkan hilang sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

"Baru izin menyelam, setelah diberi clearance, langsung hilang kontak," kata Hadi seperti dikutip Kompas.id, Rabu.

Baca Juga: Kritis Dikeroyok 7 Orang di Depan Kafe, Ini Foto Serda Donatus Boyau Anggota Pasukan Rahasia Kopassus, Ternyata Bukan Sosok Sembarangan

Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan Jerman, sedang melakukan latihan torpedo di perairan sebelah utara pulau Bali, tetap tidak melaporkan hasil latihan itu seperti yang diharapkan, kata Kepala Dinas Penerangan TNI Al.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan kepada Reuters bahwa Indonesia meminta bantuan dari negara tetangga, Australia dan Singapura, dalam pencarian tersebut.

“Kami masih melakukan pencarian di perairan Bali, 60 mil (96 kilometer) dari Bali, 53 awak,” kata Hadi Tjahjanto kepada Reuters melalui SMS.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest