Follow Us

Disentil Ketua KPK Soal Hukuman Mati Buat Koruptor Bansos Covid-19, Begini Nasib Menteri Jokowi Ini Usai Ambil Cuan Bantuan Pemerintah Hingga Jadi Tersangka

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 06 Desember 2020 | 08:56
Menteri Sosial Juliari P Batubara intruksikan jajarannya lebih mengintensifkan kesiapsiagaan bencana jelang puncak musim hujan.
Humas Kemensos

Menteri Sosial Juliari P Batubara intruksikan jajarannya lebih mengintensifkan kesiapsiagaan bencana jelang puncak musim hujan.

Fotokita.net - Disentil Ketua KPK soal hukuman mati buat koruptor bansos Covid-19, begini nasib menteri Jokowi ini usai kepergok ambil cuan bantuan pemerintah hingga jadi tersangka.

Praktik dugaan korupsi bansos yang dilakukan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara bersama sejumlah anak buahnya mengingatkan kita kepada pernyataan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Beberapa waktu lalu, Firli kepada beberapa media nasional, mengancam menuntut pelaku korupsi anggaran penanganan pandemi virus corona (Covid-19) dengan hukuman mati.

Baca Juga: Bikin Gempar Karena Tangkap 2 Menteri Jokowi, Ini Sosok Ketua KPK Firli Bahuri yang Ditolak 500 Karyawan KPK Hingga Dinyatakan Bersalah Usai Sewa Helikopter Mewah

Firli mengaku sudah mengingatkan korupsi saat keadaan bencana bisa diancam hukuman mati.

"Ini tidak main-main. Ini saya minta betul nanti kalau ada yang tertangkap, saya minta diancam hukuman mati. Bahkan dieksekusi hukuman mati," kata Firli di Jakarta, Rabu (29/7/2020) lalu.

Baca Juga: Diduga Terima Suap Rp 17 Miliar untuk Kebutuhan Ini, Ternyata Mensos Juliari Batubara Orang Pertama yang Dipanggil Jokowi Saat Seleksi Kabinet Indonesia Maju, Berikut Profilnya

Dalam kesempatan tersebut, Firli mengaku telah membentuk 15 satuan petugas (satgas) untuk mencegah korupsi anggaran pandemi.

Rinciannya, 5 satgas ditempatkan di kementerian/lembaga yang bertanggung jawab dalam penanganan Covid-19, 1 satgas di Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dan 9 satgas yang disebar di 9 koordinator wilayah KPK.

Baca Juga: Ditetapkan KPK Jadi Tersangka, Ini Sepak Terjang Mensos Juliari Batubara yang Diduga Terlibat dalam Kasus Korupsi Bansos Covid-19

"Tugasnya adalah melakukan kajian, memberikan rekomendasi kepada kementerian/lembaga supaya perbaikan sistem penganggaran, perbaikan program, sehingga nanti seluruh anggaran bisa dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan transparan," ujarnya.

Tertangkapnya Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (JPB) dalam dugaan korupsi dana batuan sosial (Bansos) Covid-19 disayangkan berbagai pihak.

Source : Kompas.com, tribunnews

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular