Follow Us

Bukan Hanya Indonesia, Negara Tetangga Kita Ini Ikut Tolak Pangkalan Militer Amerika, China Berlega Hati?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 20 November 2020 | 19:42
Foto kapal induk milik Amerika.
24h

Foto kapal induk milik Amerika.

Fotokita.net - Bukan hanya Indonesia, negara tetangga kita ini ikut tolak pangkalan militer Amerika, China berlega hati?

Indonesia pernah secara tegas menolak masuknya pesawat-pesawat militer Amerika melaukan isi ulang bahan bakar di wilayah Indonesia

Amerika ingin menjadikan sejumlah bandara di Indonesia menjadi tempat pengisian bahan bakar bagi pesawat pembom dan pesawat mata-mata melakukan isi ulang bahan bakar.

Baca Juga: Bikin Tiongkok Meradang Hingga Siap Perang, Negara Tetangga Indonesia Ini Nekat Cari Minyak di Laut China Selatan, Amerika Langsung Ulurkan Bantuan

Namun, keinginan tersebut ditolak oleh petinggi Indonesia dengan alasan ingin tetap netral dalam konflik Amerika dan China.

Amerika kemudian mendekati Singapura untuk pemangunan pangkalan militer AS di Asian Tenggara namun upaya itu juga mendapat penolakan dari Singapura.

Analis maritim Asia telah dibuat geger dengan proposal Washington mendirikan pangkalan militer di Singapura, negara tetangga Indonesia.

Baca Juga: Bosan Hidup di Jalanan, Mantan Preman Ini Sukses Jadi Petinggi Kopassus Hingga 17 Kali Naik Pangkat, Begini Kisahnya

Banyak yang tidak habis pikir dengan gagasan Amerika tersebut.

Para ahli tersebut menyebutnya sebagai 'balon percobaan' yang dilakukan oleh administrasi Trump, satu hal yang justru dianggap mereka gagal total ke depannya.

Hal ini karena proposal itu tidak akan mendapat dukungan dari negara-negara Asia, atau ditindaklanjuti oleh Joe Biden di pemerintahannya selanjutnya.

Lantas apa penyebab negara Asia tidak suka dengan pendekatan AS ini, jika negara Asia juga memerlukan AS untuk menangkal kekuatan China yang terus tumbuh di Asia-Pasifik?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest