Follow Us

Gerhana Matahari Cincin Solstis Hari Ini Terjadi Lagi Tahun 2039, Sayangnya Wilayah Jayapura dan Merauke Sudah Pasti Tak Bisa Lihat Fase Puncak, Begini Penjelasannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 21 Juni 2020 | 14:34
ilustrasi fenomena gerhana matahari cincin
pixabay

ilustrasi fenomena gerhana matahari cincin

Fotokita.net - Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antarikas (LAPAN) Andi Pangerang mengatakan, gerhana matahari cincin solstis yang terjadi pada hari ini, Minggu (21/6/2020), akan terjadi lagi pada tahun 2039 mendatang.

Pada hari ini, sejumlah wilayah di Indonesia akan melihat fenomena gerhana matahari cincin api solstis 2020.

Namun, gerhana matahari cincin solstis pada 2039 tidak bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin Barengan dengan Fenomena Langka Sampai Diberi Nama Cincin Api Solstis, Inilah Penjelasan Ahli

"Gerhana matahari cincin solstis akan ada lagi tahun 2039 atau 19 tahun lagi. Tapi Indonesia tidak bisa menikmati," kata Andi saat dihubungi, Minggu (21/6/2020).

Ia mengatakan, hanya beberapa negara saja yang dapat menyaksikan berlangsungnya gerhana matahari cincin solstis pada 2039.

Yang bisa menyaksikan di antaranya Alaska, Kanada, Greenland, Norwegia, Swedia, dan Estonia.

Gerhana matahari cincin pada hari ini dinamakan cincin api solstis karena waktu terjadinya gerhana bersamaan dengan summer solstis atau solstis Juni.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Terjadi Hari Ini, Berikut Daftar Kota yang Bisa Saksikan Fenomena Langka Itu, Catat Waktunya Biar Tak Ketinggalan

Ketika disinggung, kapan Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari solstis seperti hari ini, Andi mengatakan, fenomena yang sama baru bisa dinikmati di Indonesia pada tahun 2783.

"Untuk gerhana matahari cincin solstis berikutnya, akan ada pada 21 Juni 2783. Indonesia bagian timur kena fase parsial," kata Andi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest