Follow Us

Terjadi Besok, Gerhana Matahari Cincin Berbarengan dengan Peristiwa Langka Hingga Dinamakan Cincin Api Solstis, Begini Penjelasan Ahli

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 20 Juni 2020 | 13:56
Gerhana matahari cincin
express.co.uk

Gerhana matahari cincin

Fotokita.net - Sebagian wilayah Indonesia akan menikmati fenomena langit berupa gerhana matahari cincin (GMC) solstis besok, Minggu (21/6/2020).

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan Bulan nampak lebih kecil dibandingkan piringan Matahari.

Hal itu mengakibatkan ujung bayangan gelap (umbra) Bulan tidak jatuh di permukaan Bumi, sehingga terbentuk perpanjangan bayangan Bulan yang disebut antumbra.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Gerhana Matahari Cincin Cuma Bisa Difoto di Kota-kota Ini, Catat Jadwal Penampakannya

Wilayah yang terkena antumbra tersebut akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC).

Namun, fenomena GMC tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

Melalui akun Instagramnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka karena terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 dan akan terulang lagi pada 21 Juni 2039.

Baca Juga: Siap-siap Motret, Hari Minggu Besok Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Kota-kota Ini, Catat Waktu Pastinya Biar Tak Terlewatkan

Apa itu Cincin Api Solstis?

Peneliti dari Pusat Sains Antariksa (Pusainsa) Lapan, Emmanuel Sungging Mumpungi mengatakan, gerhana matahari cincin yang terjadi besok sama seperti gerhana pada umumnya.

Hanya saja, waktu terjadinya gerhana bersamaan dengan summer solstis atau solstis Juni.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest