Follow Us

Hari Ini, Gerhana Matahari Cincin Barengan dengan Fenomena Langka Sampai Diberi Nama Cincin Api Solstis, Inilah Penjelasan Ahli

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 21 Juni 2020 | 10:16
Gerhana matahari cincin.
Nasa via kompas.com

Gerhana matahari cincin.

Fotokita.net - Hari ini, Minggu, 21 Juni 2020, masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena langit Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Data BMKG menyebutkan, GMC 21 Juni 2020 nanti hanya akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi di Indonesia dengan penampakan Gerhana Matahari Sebagian.

Di mana magnitudo yang terjadi akan terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Sebagian wilayah Indonesia bisa menikmati fenomena langit berupa gerhana matahari cincin (GMC) solstis hari ini, Minggu (21/6/2020).

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan Bulan nampak lebih kecil dibandingkan piringan Matahari.

Hal itu mengakibatkan ujung bayangan gelap (umbra) Bulan tidak jatuh di permukaan Bumi, sehingga terbentuk perpanjangan bayangan Bulan yang disebut antumbra.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewatkan, Gerhana Matahari Cincin Cuma Bisa Difoto di Kota-kota Ini, Catat Jadwal Penampakannya

Wilayah yang terkena antumbra tersebut akan mengalami gerhana matahari cincin (GMC).

Namun, fenomena GMC tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan summer solstis, sehingga dinamakan Cincin Api Solstis.

Melalui akun Instagramnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan), menyebutkan, Cincin Api Solstis cukup langka karena terakhir terjadi pada 21 Juni 1648 dan terulang lagi pada 21 Juni 2039.

Baca Juga: Siap-siap Motret, Hari Minggu Besok Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Kota-kota Ini, Catat Waktu Pastinya Biar Tak Terlewatkan

Apa itu Cincin Api Solstis?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest