Follow Us

Bikin Merinding! Temukan 7 Kg Emas Batangan di Dalam Tempat Sampah, Tukang Sapu Bandara Malah Lakukan Hal Ini, Kini Dia Cuma Bisa Pasrah Menunggu Nasib Mujurnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 15 Juni 2020 | 06:34
Ilustrasi emas batangan.
Pixabay/istara

Ilustrasi emas batangan.

Fotokita.net - Dari zaman dulu hingga sekarang, uang memiliki berbagai macam bentuk. Jika uang sekarang berupa uang kertas dan koin, lain halnya dengan bentuk uang pada zaman dahulu kala.

Dalam kaitanya dengan bentuk uang, terdapat satu istilah yang berhubungan erat dengan bentuk uang zaman dahulu. Istilah itu adalag gold standard.

Gold standard, yang disebut juga standar emas, merupakan sistem moneter dimana unit ekonomi menggunakan standar jumlah emas.

Baca Juga: Anaknya Dilantik Sebagai Prajurit TNI AD 3 Tahun Lalu, Orang Rimba yang Tinggal di Belantara Jambi Titip Pesan Begini Buat KSAD Andika Perkasa

Dengan kata lain, uang yang digunakan berupa emas. Terdapat tiga jenis gold standard yaituspecie, bullion, dan exchange.

Dalam standar specie, unit moneter dikaitkan dengan nilai koin emas yang beredar. Standar specie muncul dari penerimaan luas emas sebagai mata uang.

Baca Juga: Tak Lagi Bisa Mengelak, China Terdiam Saat Amerika Keluarkan Foto Satelit yang Buktikan Kebohongan Mereka Soal Virus Corona: Selalu Sembunyikan Hal Ini dari Dunia

ilustrasi emas batangan
Freepik

ilustrasi emas batangan

Selanjutnya, standar bullion, atau standar emas batangan, adalah sistem dimana koin emas tidak beredar.

Pihak berwenang sepakat untuk menjual emas batangan berdasarkan permintaan dengan harga tetap sebagai imbalan dari mata uang yang beredar.

Sedangkan standar exchange, atau pertukaran emas, merupakan standar yang biasanya tidak melibatkan sirkulasi koin emas.

Baca Juga: Mengaku Sebagai Fotografer, Guru SMP Sukses Kelabuhi 25 ABG Ikut Pemotretan Tanpa Busana Hingga Ajak Hubungan Badan, Akhirnya Terbongkar dari Laporan Gadis Cilik

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest