Follow Us

Kena Kritik Habis-habisan Waktu Zaman Ahok, Lantas Kenapa Transjakarta Operasikan Lagi Bus Gandeng Zhong Tong Buatan China?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 15 Oktober 2019 | 12:02
Ratusan bus Transjakarta terbengkalai di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (26/7/2019).
KOMPAS.com

Ratusan bus Transjakarta terbengkalai di Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jumat (26/7/2019).

Fotokita.net - Satu unit bus transjakarta merek Zhong Tong buatan China pernah terbakar pada 8 Maret 2015. PT Transjakarta menghentikan pengoperasian 30 unit bus gandeng Zhong Tong imbas terbakarnya satu unit bus merek itu.

Namun, bus transjakarta merek Zhong Tong itu kembali dioperasikan pada 1 April 2015 setelah dipastikan keamanannya. Gubernur DKI Jakarta saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), memutuskan untuk tidak membeli lagi bus merek Zhong Tong.

Bus merek Zhong Tong ini juga pernah ramai disoroti karena berkaitan dengan korupsi pengadaan bus transjakarta asal Tiongkok yang melibatkan Kepala Dinas Perhubungan DKI saat itu, Udar Pristono.

Baca Juga: Bikin Warga Terkejut, Bos Besar Transjakarta Ikut Turun ke Lapangan Demi Layani Pelanggan. Lihat Foto-foto Aksinya di Jalanan Jakarta yang Berpolusi

Ahok menuding Dinas Perhubungan yang dikomandoi Pristono selalu memenangkan lelang produsen bus asal China untuk menyediakan transjakarta.

"Saya sudah bilang waktu DKI ngadain bus tahun 2013, saya minta beli bus yang kelas dunia, tetapi mereka mainkan. Makanya produsen yang selalu menang itu China," kata Ahok pada 21 Mei 2015.

Ratusan bus Transjakarta mangkrak di Dramaga, Bogor, Jawa Barat bakal dilelang
Yulius Satria Wijaya/Kompas.com

Ratusan bus Transjakarta mangkrak di Dramaga, Bogor, Jawa Barat bakal dilelang

Saat itu, Ahok berujar, produsen bus yang kualitasnya baik seperti Hino, Scania, Daewoo, Mercedes Benz, enggan memproduksi bus di Jakarta. Sebab, Dishub DKI kerap membuat mereka kalah lelang.

Tiba tahun 2016 Riwayat bus Zhong Tong yang sekarang beroperasi sudah berlangsung sejak lama. Bus ini pertama kali tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada tahun 2016.

Direktur Utama PT Transjakarta pada saat itu, Budi Kaliwono, menjelaskan bus merek Zhong Tong asal Tiongkok itu dipesan oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Lelang pengadaan unit bus transjakarta itu dilakukan tahun 2013.

Baca Juga: Studi Bilang Elus Kucing Bisa Hilangkan Stres. Lihat Foto-foto Tingkah Kucing Penunggu Halte Transjakarta yang Bisa Jadi Penghibur Kita!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest