Follow Us

Semburkan Awan Panas dan Suara Gemuruh, Merapi Juga Sempat Keluarkan Titik Api. Sayang, Pengamatan Visual Terhalang Gara-gara Hal Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 15 Oktober 2019 | 06:53
Gunung Merapi
ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGRO

Gunung Merapi

Fotokita.net - Pada hari Senin (14/10/2019) sore pukul 16.31 WIB, Gunung Merapi menyemburkan awan panas dengan tinggi kolom sekitar 3.000 meter dari puncak.

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, semburan awan panas tersebut terekam di seismogram dengan durasi 270 detik dan amplitudo 75 mm.

Hujan abu tipis melanda sejumlah wilayah di Boyolali dan Magelang di Jawa Tengah pasca-semburan awan panas Gunung Merapi, Senin (14/10/2019).

Baca Juga: Kemarau Panjang Tahun Ini, Puncak Gunung di Indonesia Munculkan Lagi Fenomena Unik Ini. Foto-fotonya Jadi Viral di Media Sosial

Dari pantauan sementara, wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang terjadi hujan abu tipis di Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo. Sementara itu, dikutip dari Antara, sejumlah wilayah di Magelang juga diguyur hujan abu tipis. Hujan abu tipis tersebut tidak sampai menganggu aktivitas warga.

Gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran awan panas.
Akun Twitter @merapi_news

Gunung Merapi kembali mengeluarkan guguran awan panas.

Berikut ini fakta lengkapnya:

Menurut Maryanto, Kadus Stabelan, Boyolali, telah terjadi hujan abu tipis pada Senin sore. "Iya, hujan abu tipis. Hujan abu tipis berlangsung dari pukul 17.00 - 17.30 WIB," katanya dikonfirmasi, Senin (14/10/2019) petang.

Sementara itu, semburan awan panas, sempat menyita perhatian warga. Pasalnya, pasca Gunung Merapi menyeburkan awan panas itu, lalu muncul titik api di bawah Pasar Bubrah.

Namun demikian, menurut Maryanto, saat terjadi hujan abu, warga tetap beraktivitas seperti biasa.

Status Gunung Merapi waspada level II
Kompas.com

Status Gunung Merapi waspada level II

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest