Foto Mobil Patroli Ikut Kejar Sopir Lansia yang Tewas Dikeroyok Bikin Geram, Polisi Buka Suara

Senin, 24 Januari 2022 | 09:02
Instagram

Netizen menanyakan keberadaan mobil patroli polisi yang tertangkap kamera ikut mengejar mobil sopir lansia yang terus diteriaki maling itu.

Fotokita.net - Seorang sopir mobil berinsial HM (89) mendapatkan peristiwa malang. Sopir lansia ini tewas setelah dikeroyok sekelompok orang di Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur. Sopir lansia tewas dihakimi massa lantaran dituduh telah melakukan pencurian.

Dalam foto yang beredar, sebelum sopir lansia meregang nyawa, mobil patroli polisi sempat ikut mengejar mobil yang dikendarai korban. Foto ini berasal dari tangkapan layar video viral di media sosial.

Video yang tersebar luas itu mendapatkan banyak respons dari netizen. Di antara mereka menanyakan keberadaan mobil patroli polisi yang tertangkap kamera ikut mengejar mobil sopir lansia yang terus diteriaki maling itu.

"Ada mobil patroli ikut mengejar pak, Kenapa sampai massa bisa mengeroyok pengemudi?" tanya salah satu netizen di Instagram yang ikut menyebarkan video pengeroyokan sopir lansia malang itu.

"Ada polisi juga masi tewas dihajar massa. percuma," timpal netizen lainnya dengan geram.

Peristiwa yang sudah membuat geram netizen itu bermula darimobil yang dikendarai HM itu dikejar oleh sekelompok orang. Aksi pengejaran itu pun beredar luas di media sosial dengan bernarasikan bahwa HM telah melakukan pencurian.

Dalam video tersebut, terdengar suara pria yang meneriaki HM sebagai maling. Teriakan itu ternyata mengundang amarah massa lainnya.

Baca Juga: Unggah Foto Karangan Bunga, Aipda Ambarita yang Kini Terancam Sanksi Sempat Jalani Profesi Ini Usai Gagal Masuk TNI

"Maling,maling, maling berhentiin nih ini mobil maling. Maling woi, kejar, kejar!," ujar seorang pria dalam video yang beredar, Minggu (23/1/2022).

Terkini, para pelaku pengeroyokan sedang dalam pencarian polisi. "Kami cari pelaku pengeroyokan," ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Ahsanul Muqaffi kepada wartawan, Minggu.

Ahsanul menyebut pihaknya kini sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut.

"Kami lidik," kata Ahsanul. HM menjadi korban pengeroyokan sampai tewas oleh sekelompok orang di Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur. Sebelum dikeroyok, HM sempat diteriaki dan dikejar oleh sekelompok orang karena dikira maling. Aksi itu pun viral di media sosial.

Ahsanul menjelaskan HM bukan merupakan pelaku pencurian. Korban, yang kala itu sedang melaju tidak mendengar teriakan sekelompok orang.

"Bukan pencurian. Informasi dari Tebet atau Pulogadung dia bawa mobil ngebut, diteriaki maling hingga dikejar," kata Ahsanul.

Ternyata teriakan tersebut mengundang massa lainnya berkumpul. Akibatnya, korban meninggal dunia di lokasi kejadian karena dikeroyok para pelaku.

Baca Juga: Foto Kecelakaan Maut Balikpapan Bikin Geram Anggota DPR, Ini Alasan Sopir Truk Tronton Gagal Hindari Kendaraan di Simpang Rapak

Instagram

Netizen menanyakan keberadaan mobil patroli polisi yang tertangkap kamera ikut mengejar mobil sopir lansia yang terus diteriaki maling itu.

"Ternyata, saat diteriaki, jadi timbul massa. (Meninggal) di TKP karena dipukul massa, karena dikira maling," ujarnya.

Korban disebut sempat menabrak seorang pemotor. HM menyetir seorang diri. Korban dikejar dari wilayah Tebet, Jakarta Selatan, hingga ke Pulogadung, Jakarta Timur.

"Informasinya sih sempat nabrak pemotor," ujarnya.

AKBP Ahsanul Muqaffi menegaskan bahwa HM bukan seorang pencuri. HM disebut Ahsanul mengemudikan mobil dengan kencang sehingga dikejar oleh sekelompok orang.

"Bukan pencurian. Informasi dari Tebet atau Pulogadung dia bawa mobil ngebut diteriaki maling hingga dikejar," kata Ahsanul, Minggu (23/1/2022).

Ahsanul menyebut, korban tidak mendengar teriakan massa yang mengejarnya lantaran sudah lanjut usia (lansia). Hal tersebut didapat dari keterangan anak korban sewaktu dimintai keterangan oleh polisi.

"Korban itu tidak mendengar, jadi hasil interogasi saya dengan anak korban beliau itu sudah uzur, sudah 89 tahun, jadi enggak denger kalau ada teriakin seperti itu," ungkap Ahsanul.

Baca Juga: Foto Pemotor Wanita Pamer Jari Tengah ke Polisi Terlanjur Viral, Pemicunya Cuma Masalah Sepele Ini

Instagram

Netizen menanyakan keberadaan mobil patroli polisi yang tertangkap kamera ikut mengejar mobil sopir lansia yang terus diteriaki maling itu.

Bahkan, petugas kepolisian sempat ikut mengejar HM karena teriakan 'maling' oleh sekelompok orang tersebut.

"Justru itu polisi mengikuti mobil, dia ikuti karena ada pernyataan maling-maling," ungkap Ahsanul.

Ahsanul berkata, HM dikejar oleh sekelompok orang itu dari wilayah Tebet, Jakarta Selatan, hingga ke Pulogadung, Jakarta Timur. Dirinya menyebut, HM sempat menabrak pemotor sebelum akhirnya dikeroyok massa.

"Infonya sih sempat nabrak pemotor," kata Ahsanul.

Aksi pengejaran HM itu berakhir di kawasan Pulogadung, Cakung, Jakarta Timur. Korban yang tidak berdaya itu akhirnya menjadi sasaran amuk massa yang marah. Akibatnya, HM meninggal di lokasi kejadian.

"(Meninggal) di TKP karena dipukul massa, karena dikira maling," ujar Ahsanul.

Kasus yang menimpa HM itu kini sedang diselidiki aparat kepolisian. Para pelaku pengeroyok HM dalam pengejaran polisi. "Kami cari pengeroyok. Kami lidik," kata Ahsanul.

Baca Juga: Foto Kapolrestabes Medan Pamer Tangkapan Narkoba Disorot, Anak Buahnya Bongkar Aib Bos Polisi: Beli Hadiah Pakai Uang Suap

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya