Follow Us

Ini Keahlian Mentereng Prajurit TNI AU yang Berputar di Udara Saat Kapolda Jambi Dievakuasi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 22 Februari 2023 | 09:26
Prajurit Kopasgat TNI AU sempat berputar di udara saat menjaga tandu evakuasi Kapolda Jambi.
Istimewa

Prajurit Kopasgat TNI AU sempat berputar di udara saat menjaga tandu evakuasi Kapolda Jambi.

Fotokita.net - Prajurit TNI AU yang ikut mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono sempat mengalami peristiwa menegangkan. Ketika tubuh jenderal bintang dua ini diangkat dengan heli, anggota TNI itu ikut naik. Lalu, dia tampak berputar-putar di udara sebelum masuk ke dalam kabin helikopter.

Momen itu terekam jelas dalam proses evakuasi Rusdi Hartono pada Selasa (21/2/2023) di hutan Kerinci, Jambi. Video ini viral usia diunggah di akun Instagram Polda Jambi.

Ketika tubuh Rusdi diangkat pakai tandu, ada seorang personel TNI yang ikut naik. Prajurit ini memegang dan menjaga tandu Irjen Rusdi saat diangkat ke udara.

Dalam video itu tampak prajurit TNI bersama tandu berputar semakin kencang saat semakin tinggi. Belakangan pihak TNI AU mengungkapkan penyebab tandu dan prajuritnya berputar saat proses evakuasi menggunakan helikopter.

Tandu evakuasi Irjen Rusdi Hartono berhasil diangkat ke dalam kabin helikopter Super Puma TNI AU.
Istimewa

Tandu evakuasi Irjen Rusdi Hartono berhasil diangkat ke dalam kabin helikopter Super Puma TNI AU.

"Karena kondisi Kapolda mengalami cedera sehingga posisinya harus agak miring yang mengakibatkan dragbar tidak bisa balance sehingga dragbar bersama tim evakuasi dari Yonko 462 Kopasgat pada saat dinaikkan ke heli mengalami twist (berputar)," demikian keterangan dari Penerangan Kopasgat TNI AU dalam postingan di akun Instagram @kopasgat_tniau, Selasa (21/2/2023).

Tim SAR (Search And Rescue) Batalyon Komando 462 Kopasgat 'kebagian' mengevakuasi Kapolda Jambi dari hutan di Bukit Tamiai, Batang Merangin, Kerinci, Provinsi Jambi. Proses evakuasi dipimpin Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi.

Kapolda Jambi adalah satu dari delapan penumpang Helikopter Bell 412/P-3001 milik Ditpolairud Polda Jambi yang mendarat darurat di Bukit Tamiai. Proses evakuasi Kapolda Jambi dilakukan menggunakan helikopter Super Puma H 3211 diawaki Mayor Pnb M. Ravi Rakasiw.

Proses evakuasi yang berlangsung dramatis itu dilakukan sekitar pukul 16.40 WIB. Tim SAR Yonko 462 mengevakuasi Kapolda Jambi dengan menggunakan teknik Hoisting.

"(Proses evakuasi) diantisipasi dengan double safety perlengkapan yang digunakan oleh tim SAR Yonko 462 Kopasgat," katanya,

Baca Juga: Dipuji Kapolri, Ini Sosok Prajurit TNI AU yang Berputar-putar di Udara Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular