Follow Us

Hati-hati! Aplikasi Buat Edit Foto AI Disusupi Malware, Sekejap Data HP Lenyap

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 21 Februari 2023 | 23:09
Aplikasi buat mengedit foto AI ternyata disusupi malware.
Istimewa

Aplikasi buat mengedit foto AI ternyata disusupi malware.

Fotokita.net - Beberapa aplikasi untuk edit foto kecerdasan buatan (AI) yang diklaim dapat menghasilkan foto selfie ditemukan menyembunyikan malware yang menginfeksi smartphone pengguna.

Menurut posting blog yang diterbitkan oleh perusahaan perangkat lunak antivirus McAfee bulan lalu, popularitas aplikasi foto AI telah menarik perhatian penjahat dunia maya.

Tim Riset Seluler McAfee menemukan serangkaian aplikasi berbahaya di toko aplikasi Google Play yang dikemas dan berfungsi seperti aplikasi pengeditan foto AI.

Namun, aplikasi foto AI ini sebenarnya menggunakan malware untuk mencuri data pribadi pengguna dan menimbulkan risiko yang cukup besar pada HP mereka.

Menurut McAfee, Google harus mengambil langkah-langkah untuk menghapus beberapa aplikasi potret AI Android berbahaya dari Play Store. Ini termasuk aplikasi “Pista – Cartoon Photo Effect” dan “NewProfilePicture” yang menggunakan malware bernama FaceStealer.

“'Pista – Cartoon Photo Effect' dan 'NewProfilePicture' adalah contoh aplikasi yang menawarkan hasil visual yang menarik, namun, masing-masing didasarkan pada editor gambar yang sama dengan filter dasar dan trojan dengan Android/FaceStealer, yang merupakan malware terkenal yang mampu mengkompromikan akun Facebook atau Instagram korban,” tulis McAfee dalam posting blog.

“FacePhoto” dan “CreatKartoon” adalah dua aplikasi foto AI berbahaya lainnya yang menggunakan FaceStealer. Keduanya juga masuk ke Google Play Store.

McAfee mengatakan bahwa "Toonify Me", yang menggunakan AI untuk mengubah foto seseorang menjadi kartun, adalah aplikasi jahat lain yang sebelumnya tersedia di Google Play Store.

Aplikasi foto AI Toonify Me menggunakan Fleeceware untuk mendaftarkan pengguna ke langganan dengan biaya tinggi.

Aplikasi, yang tidak lagi tersedia di Play Store, dikenakan biaya $49,99 per minggu kepada pengguna setelah uji coba tiga hari.

Baca Juga: PicsArt Pamer Fitur Baru, Cobain Bikin Dua Avatar AI dalam Satu Gambar

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular