Follow Us

Heboh! Foto AI Ini Menipu Juri, Jadi Pemenang Lomba Fotografi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 10 Februari 2023 | 19:37
Foto yang dihasilkan dari mesin AI ini sukses menipu juri hingga menjadi juara lomba fotografi.
Absolutely AI

Foto yang dihasilkan dari mesin AI ini sukses menipu juri hingga menjadi juara lomba fotografi.

Fotokita.net - Foto yang menakjubkan dari dua peselancar yang mengayuh ke laut saat matahari terbit telah memenangkan lomba fotografi. Rupanya foto dengan latar belakang pemandangan itu tidak nyata. Gambar yang menipu juri lomba ternyata dihasilkan oleh komputer oleh kecerdasan buatan (AI).

Perusahaan elektronik Australia DigiDirect mengadakan kontes foto mingguan dengan hadiah uang tunai.

Pada pekan lalu, diumumkan bahwa "bidikan drone" yang diambil oleh "Jane Eykes" telah memenangkan kontes foto musim panasnya.

Tak lama setelah pengumuman itu dibuat, sebuah studio bernama Absolutely Ai mengakui bahwa mereka telah memasukkan gambar tersebut dengan alasan palsu, menyatakannya sebagai "foto pemenang penghargaan buatan AI pertama di dunia."

"Kami melakukannya untuk membuktikan bahwa kami berada di titik balik dengan teknologi kecerdasan artifisial dengan melewati ujian akhir," tulis perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

“Bisakah gambar yang dihasilkan AI tidak hanya luput dari perhatian (tidak ada satu orang pun yang telah melihat gambar tersebut yang merasakan sesuatu yang tidak biasa) tetapi benar-benar dianugerahi hadiah utama oleh pakar fotografi? Jawabannya pasti ya.”

Pada tahun lalu, foto AI memenangkan kontes seni rupa di Colorado, tetapi ini menandai pertama kalinya sebuah mesin memenangkan lomba fotografi.

Ini mungkin bukan kompetisi foto terbesar, tapi ini peringatan besar bagi industri fotografi.

Seiring kemajuan teknologi, akan semakin sulit membedakan mana foto asli yang diambil oleh tangan seorang fotografer dan mana foto buatan yang dimuntahkan oleh model komputer yang terlatih dalam jutaan gambar.

“Para peselancar dalam citra kami tidak pernah ada. Begitu pula dengan pantai atau hamparan lautan itu, ” tulis Absolutely AI.

Baca Juga: Nah Loh! Hak Cipta Foto AI Tak Dapat Dilindungi, Begini Alasannya

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular