Follow Us

Rilis Layanan AI, Google Malah Bikin Kesalahan Fatal, Foto Ini Biang Keroknya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 09 Februari 2023 | 08:32
Google bikin kesalahan fatal gegara foto ini. Layanan AI chat sudah dirilis pertama kalinya.
Istimewa

Google bikin kesalahan fatal gegara foto ini. Layanan AI chat sudah dirilis pertama kalinya.

Fotokita.net - Awal pekan ini, Google memperkenalkan Bard, layanan kecerdasan buatan (AI) berupa chat eksperimental yang pada dasarnya adalah jawaban perusahaan untuk ChatGPT. Sayangnya, Google malah bikin kesalahan fatal. Ada fakta foto yang salah dalam contoh debutnya.

Seperti yang ditunjukkan PetaPixel, AI Chat mampu menghasilkan hasil yang jauh lebih baik untuk pertanyaan fotografi umum daripada yang dapat dilakukan oleh sistem Penelusuran Google saat ini, sejauh tampaknya siap untuk menggantinya dengan mudah.

Itu sebabnya, tidak mengherankan jika Google sedang mengerjakan versi perangkat lunaknya sendiri sehingga tidak akan ditinggalkan oleh primadona bola saat ini, ChatGPT.

Sayangnya, perusahaan tidak memulai dengan awal yang kuat. Dalam sebuah iklan untuk Bard di Twitter, perusahaan menunjukkan AI menjawab apa yang seharusnya menjadi pertanyaan yang cukup sederhana, "Penemuan baru apa dari Teleskop Luar Angkasa James Webb yang dapat saya ceritakan kepada anak saya yang berusia 9 tahun?"

Bard memberikan tiga jawaban, tetapi yang ketiga menarik perhatian para astrofotografer dan astronom, "JWST mengambil gambar pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita."

Jawaban itu sebenarnya sangat tidak benar, kata Reuters. Gambar pertama dari sebuah planet ekstrasurya ditangkap oleh Very Large Telescope (VLT) pada tahun 2004, hampir dua dekade sebelum Teleskop Luar Angkasa James Webb bahkan diluncurkan ke luar angkasa.

Pengguna di Twitter juga dengan cepat menunjukkan kesalahan tersebut.

Mengapa Bard gagal menjawab pertanyaan ini dengan benar dapat ditemukan dengan memasukkan pertanyaan “siapa yang mengambil foto pertama planet ekstrasurya?” ke Google Penelusuran, yang mengembalikan jawaban salah yang sama seperti yang diberikan Bard.

Baca Juga: Coba Tebak Cover Majalah Mana yang Pakai Foto Buatan AI, Hasilnya…

Tampaknya Google melihat "pertama" dan "planet luar angkasa" dan default ke hasil terbaru untuk kombinasi istilah tersebut, karena Teleskop Luar Angkasa James Webb memang mengambil foto planet ekstrasurya pada bulan September 2022, yang merupakan yang pertama. foto.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest