Follow Us

Kamera AI Awasi Pengunjung Nakal di Restoran Sushi, Dijamin Kapok!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 13 Februari 2023 | 10:38
Ulah pengunjung nakal yang di restoran sushi dijamin kapok. Ada kamera AI yang mengawasinya.
Istimewa

Ulah pengunjung nakal yang di restoran sushi dijamin kapok. Ada kamera AI yang mengawasinya.

Fotokita.net - Sebuah restoran sushi di Jepang memasang kamera dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mengawasi pengunjung nakal dan usil. Perangkat ini dipasang di conveyor-belt yang membuat sushi berjalan mengelilingi pembeli. Dengan begini, perusakan makanan siap saji itu bisa dicegah.

Kura Sushi, nama restoran itu, sengaja memasang kamera AI agar makanan yang disajikan tidak terkontaminasi. Pengunjung yang nakal sengaja membuka penutup piring hidangan yang berjalan di atas conveyor-belt tanpa benar-benar ingin mengambilnya.

Tentu saja, ulah tak bertanggung jawab itu membuat marah pembeli lainnya. Akibatnya, restoran merugi lantaran sushi yang sudah tidak higienis harus disingkirkan dari rantai berjalan.

Nikkei Asia melaporkan, Kura Sushi berencana untuk mulai memutakhirkan kamera yang ada. Perangkat ini digunakan untuk melacak hidangan yang diambil pelanggan dari sabuk konveyor untuk menentukan tagihan mereka, pada awal Maret.

Jika sistem mendeteksi perilaku mencurigakan, sistem akan memperingatkan karyawan.

"Kami ingin menggunakan kamera yang dioperasikan dengan AI untuk memantau jika pelanggan meletakkan sushi yang mereka ambil dengan tangan mereka kembali ke piring," kata seorang juru bicara kepada CNN.

"Kami yakin kami akan dapat meningkatkan sistem yang sudah kami miliki, tempat untuk menghadapi perilaku semacam ini.”

Banyak orang di Jepang marah dengan tren yang dijuluki "terorisme sushi". Video menunjukkan orang melakukan tindakan tidak higienis, seperti menjilati sendok untuk wadah bubuk teh hijau.

Video lain menunjukkan pelanggan membuang wasabi ke sushi saat lewat di ban berjalan.

Baca Juga: Heboh! Foto AI Ini Menipu Juri, Jadi Pemenang Lomba Fotografi

Video lain, yang tampaknya memiliki lebih dari 98 juta penayangan di Twitter, menunjukkan seseorang menjilati bagian atas botol kecap dan tepi cangkir teh sebelum meletakkannya kembali di cabang rantai Sushiro.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest