Follow Us

Ini Deretan Foto Bulan dengan Resolusi Tertinggi yang Pernah Diambil dari Bumi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 06 Februari 2023 | 17:48
Kawah Tycho Bulan, seperti yang difoto oleh sistem radar prototipe. Ini foto Bulan beresolusi tertinggi.
NRAO/GBO/Raytheon/NSF/AUI

Kawah Tycho Bulan, seperti yang difoto oleh sistem radar prototipe. Ini foto Bulan beresolusi tertinggi.

Fotokita.net - Sebuah sistem radar yang kurang kuat dari microwave rumah tangga telah membuat foto Bulan dengan resolusi tertinggi yang pernah diambil dari Bumi.

Deretan foto menakjubkan menunjukkan close-up Kawah Tycho Bulan dalam detail resolusi 5 meter dan ditangkap oleh sistem radar prototipe.

Para ilmuwan menggunakan Teleskop Green Bank dan Very Long Baseline Array untuk membuat gambar terperinci dalam sebuah proyek yang membuka jalan bagi sistem radar generasi mendatang untuk mempelajari planet, bulan, dan asteroid di tata surya.

Teleskop Green Bank memiliki pemancar yang tidak sekuat oven microwave, namun mampu mengarahkan radarnya ke permukaan Bulan dan menangkap detail Kawah Tycho yang belum pernah ada sebelumnya.

“Sungguh menakjubkan apa yang dapat kami tangkap sejauh ini, menggunakan daya yang lebih kecil daripada peralatan rumah tangga biasa,” kata Patrick Taylor, kepala divisi radar untuk Green Bank Observatory.

Seperti dicatat Space, prototipe tersebut merupakan kolaborasi antara National Radio Astronomy Observatory, Green Bank Observatory, dan Raytheon Intelligence & Space.

Kerjasama antar lembaga tersebut sedang merancang sistem radar planet generasi mendatang untuk Green Bank Observatory.

Sistem seperti ini akan bertugas di garis depan pertahanan planet, mampu mendeteksi, melacak, dan mengkarakterisasi objek yang berpotensi berbahaya yang mungkin akan menabrak Bumi.

“Dalam pengujian kami, kami dapat membidik asteroid yang berjarak 2,1 juta kilometer dari kami, lebih dari lima kali jarak dari Bumi ke Bulan.

Baca Juga: Cara Foto Gerhana Bulan Total Pakai Kamera HP, Bisa Coba di Rumah Kok!

Sistem pencitraan beresolusi tinggi memperbesar Kawah Tycho di Bulan.
NRAO/GBO/Raytheon/NSF/AUI

Sistem pencitraan beresolusi tinggi memperbesar Kawah Tycho di Bulan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest