Follow Us

Anak Ulama Kondang, Ini Profil Eks Wali Kota Blitar Samanhudi yang Jadi Otak Perampokan, Potretnya Muncul

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 28 Januari 2023 | 14:31
Eks Wali Kota Blitar Samanhudi yang ingin balas dendam kepada bekas pasangan politiknya.
Istimewa

Eks Wali Kota Blitar Samanhudi yang ingin balas dendam kepada bekas pasangan politiknya.

Fotokita.net - Profil eks wali kota Blitar Samanhudi banyak dicari usai ditangkap tim Jatanras Polda Jatim, Jumat (27/1/2023) siang. Belum seumur jagung menikmati masa kebebasannya, pria berkumis tebal ini ditetapkan tersangka terlibat aksi perampokan rumah dinas Wali Kota Santoso.

Politikus bernama lengkap M Samanhudi Anwar telah menjalani pemeriksaan lebih lanjutan di kantor polisi. Dia dicecar penyidik dengan puluhan pertanyaan. Ada 56 pertanyaan yang diberikan kepadanya. Kini ia ditahan.

"Ada 56 pertanyaan ke tersangka eks Walkot Blitar," jelas Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, kepada awak media, Sabtu (28/1/2023).

Samanhudi kini terancam bui 12 tahun. Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto menyebut informasi yang diberikan Samanhudi kepada para eksekutor perampokan adalah hal yang berkaitan dengan kondisi lokasi, tempat penyimpanan uang, dan juga waktu terbaik untuk melakukan aksi.

"Memberikan informasi tentang keberadaan tempat penyimpanan uang dan bahkan waktu yang baik untuk melakukan aksi," kata Toni kepada wartawan, Jumat (27/1/2023).

Informasi yang diberikan Samanhudi terlibat dan bisa kenal dengan lima pelaku perampokan. Mantan Ketua DPRD Blitar dan para pelaku perampokan kenal saat mereka sama-sama ditahan di LP Sragen, Jateng.

"Peristiwa ini diawali dari tahun 2020 berkisar dari Agustus hingga Februari 2021, saat Tersangka N dan A sama-sama sedang menjalani hukuman pidana di LP di Jateng," ujar Direskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto.

Dari informasi itu pelaku langsung melakukan aksinya pada akhir tahun 2022. Totok mengatakan N sendiri dikenal merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas). N merupakan residivis yang sudah 5 kali keluar masuk penjara.

"Ketemu di situ dan memberikan informasi, pelaku kemudian melakukan curas (perampokan) Desember 2022," kata Totok.

Baca Juga: Ikuti 8 Cara Murah, Interior Dapur Sempit Berubah, Fotonya Jadi Begini

Potret Samanhudi mantan Ketua DPRD Blitar yang ditangkap polisi karena menjadi otak perampokan.
Istimewa

Potret Samanhudi mantan Ketua DPRD Blitar yang ditangkap polisi karena menjadi otak perampokan.

Samanhudi harus menjalani tahanan dalam kasus suap Rp 1,5 miliar terkait ijon proyek pembangunan sekolah lanjutan pertama. Dalam kasus itu, Samanhudi divonis 5 tahun penjara pada persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya pada Kamis (24/1/2019). Ia baru bebas bersyarat tiga bulan lalu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest