Follow Us

Ini Fakta Terbaru Kasus Brigadir J yang Bikin Irjen Ferdy Sambo Pasrah Dicopot, Foto Gelagat Sang Jenderal Sebelum Baku Tembak Jadi Kunci

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 05 Agustus 2022 | 13:38
Berikut ini fakta terbaru dalam kasus kematin Brigadir J yang bikin Irjen Ferdy Sambo pasrah dicopot. Foto gelagat sang jenderal jadi kunci.
Facebook

Berikut ini fakta terbaru dalam kasus kematin Brigadir J yang bikin Irjen Ferdy Sambo pasrah dicopot. Foto gelagat sang jenderal jadi kunci.

Fotokita.net - Berikut ini fakta terbaru kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang bikin Irjen Ferdy Sambo pasrah dicopot dari jabatannya, Kadiv Propam Polri. Foto gelagat sang jenderal ke anak buahnya sebelum insiden baku tembak jadi kunci.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi mencopot Irjen Ferdy Sambo sebagai buntut kasus pembunuhan Brigadir J. Selain Ferdy Sambo, Kapolri juga memutasi sejumlah perwira tinggi dan menengah ke Pelayanan Markas (Yanma) Polri.

Mutasi Ferdy Sambo dan perwira lainnya dilakukan agar penanganan kasus Brigadir J berjalan baik. Kapolri menyebutkan, tim khusus yang sudah dibentuknya bakal bekerja keras mengungkap kasus yang sudah menjadi perhatian Presiden Joko Widodo itu. Lantas, bagaimana fakta terbaru kasus Brigadir J yang bikin Irjen Ferdy Sambo pasrah dicopot?

Mutasi Irjen Ferdy Sambo dan sejumlah perwira lainnya tertera pada ST Nomor: 1628/VIII/KEP/2022 yang diteken Kapolri pada Kamis (4/8/2022). Kapolri menerangkan, mutasi itu dikeluarkan setelah tim khusus memeriksa 25 personel yang diduga tidak profesional dalam kasus Brigadir J. Para personel Polri itu diduga menghambat penanganan kasus.

"Oleh karena itu, terhadap 25 personel yang saat ini telah dilakukan pemeriksaan kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik dan tentunya apabila ditemukan adanya proses pidana, kita juga akan memproses pidana yang dimaksud," papar Kapolri panjang lebar kepada wartawan yang dalam konferensi pers di Mabes Polri Jakarta.

Kapolri yang geram dengan 25 personel gegara diduga menghambat penanganan kasus kematian Brigadir J terus menekankan bahwa pihaknya menjalankan perintah Presiden Jokowi yang meminta insiden baku tembak sesama polisi dibuka dengan terang benderang.

Berikut ini fakta terbaru kasus kematian Brigadir J yang bikin Irjen Ferdy Sambo pasrah dicopot dari jabatannya. Foto gelagat sang jenderal ke anak buahnya sebelum insiden baku tembak jadi kunci.

Baca Juga: Terancam Sanksi Pidana Gegara Kasus Brigadir J, Ini Profil AKBP Ridwan Soplanit yang Terus Ditagih Nikita Mirzani Soal Perkara Musuh Bebuyutan, Foto Sosoknya Disorot

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang dilibatkan sebagai tim independen fokus mengusut CCTV yang rusak dalam kasus Brigadir J. Polemik CCTV rusak ini jadi fokus Komnas HAM untuk diusut. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik menduga ada indikasi kesengajaan terkait rusaknya CCTV.

"Fokus dulu di CCTV yang sejak awal kami persoalkan itu, kok bisa dikatakan rusak dengan keterangan yang berbeda satu dengan lainnya. Yang satu bilang disambar petir, ADC bilang sudah rusak sejak lama.

Nah sekarang sudah ada indikasi kuat unsur kesengajaan. Bisa disebut sebagai dugaan obstruction of justice, upaya melawan hukum yang mengganggu proses penegakan hukum," papar Taufan Damanik kepada wartawan pada Kamis (4/8/2022).

Dari rekaman CCTV itu, Taufan mengatakan pihaknya ingin memastikan ada-tidaknya insiden tembak-menembak tersebut. Bukan hanya itu, Komnas HAM ingin mengetahui isi dari pembicaraan antara Bharada E dan Brigadir J.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest