Follow Us

Media Asing Sebarkan Foto Bantuan ACT di Sarang ISIS, Densus 88 Sampai Turun Tangan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 05 Juli 2022 | 09:06
Euronews media asing bermarkas di Eropa menyebarkan foto kardus bantuan ACT di sarang ISIS. Densus 88 turun tangan.
Facebook

Euronews media asing bermarkas di Eropa menyebarkan foto kardus bantuan ACT di sarang ISIS. Densus 88 turun tangan.

Fotokita.net - Euronews, media asing yang bermarkas di Eropa sempat menyebarkan foto kardus bantuan yang berasal dari Indonesia. Bantuan yang disebut berasal dari ACT dan lembaga afiliasinya, IHR (Indonesian Humanitarian Relief) ditemukan di Aleppo Timur, Suriah, yang menjadi sarang ISIS.

Pada tahun 2019, tudingan ACT yang mengumpulkan donasi amal untuk kemanusiaan di Suriah melalui Bukalapak sempat ramai dibahas. Salah satu netizen, Dahono Prasetyo menyebarkan ungggahannya yang berisikan temuannya terkait bantuan ACT di markas ISIS pada Selasa (23/7/2019).

Terkini, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan indikasi aliran dana dari lembaga kemanusiaan ACT digunakan untuk kegiatan terorisme. Mendapatkan laporan dari PPATK, Densus 88 Polri sampai ikut turun tangan.

PPATK sedang menganalisis aliran dana dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sebagian hasil analisis sudah diserahkan ke aparat penegak hukum. "Iya kami sudah proses sejak lama dan sudah ada hasil analisis yang kami sampaikan kepada aparat penegak hukum," kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada wartawan, Senin (4/7/2022).

Ivan menuturkan, dari hasil analisis sementara, teridentifikasi ada penyalahgunaan dana terkait aktivitas terlarang. Dia mengatakan hasil analisis sudah diserahkan ke Densus 88 dan BNPT.

"Transaksi mengindikasikan demikian (penyalahgunaan). Indikasi kepentingan pribadi dan terkait dengan dugaan aktivitas terlarang. Ke Densus, BNPT ya (laporan diserahkan)," sebutnya.

Ivan menyampaikan, proses analisis masih dilakukan. Nantinya kata Ivan hasil selanjutnya akan diserahkan ke aparat penegak hukum.

Kabar ACT mengirimkan bantuan ke markas ISIS sebetulnya sudah sempat berembus pada tahun 2019. Sebuah ungggahan yang ditulis Dahono Prasetyo viral di media sosial.

Baca Juga: Gandeng Bukalapak, ACT Kirim Bantuan ke Markas ISIS, Foto Kardus Tulisan Indonesia Disebarkan Media Eropa

Pada Selasa (23/7/2019), Dahono Prasetyo menuliskan kabar Bukalapak.com diduga mendanai kegiatan ISIS di Suriah. Dia menuding Bukalapak mendanai ISIS lewat lembaga pengumpul dana bantuan sosial, ACT.

Berikut tulisan Dahono yang viral di media sosial dan WhatsApp Group mengenai tuduhan Bukalapak mendanai ISIS.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest