Follow Us

Bikin Pangling, Foto Jadul Ganjar Pranowo Ikut Gotong Jenazah Sahabatnya di Parangtritis Beredar, Dikira Mus Mujiono

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 26 Juni 2022 | 21:43
Ganjar Pranowo yang terekam kamera semasa muda bikin pangling. Foto jadul Ganjar malah dikira Mus Mujiono.
Facebook Gendon Subandono

Ganjar Pranowo yang terekam kamera semasa muda bikin pangling. Foto jadul Ganjar malah dikira Mus Mujiono.

Fotokita.net - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menjadi pusat perhatian publik. Maklum, namanya muncul dalam daftar bakal calon presiden (capres) 2024 Partai Nasdem. Namun, beberapa waktu lalu, foto jadul Ganjar Pranowo ikut menggotong jenazah sahabatnya di Pantai Parangtritis, DI Yogyakarta bikin pangling. Ganjar malah dikira penyanyi lawas Mus Mujiono.

Ganjar Pranowo sedari mahasiswa sudah aktif mengikuti beragam kegiatan kemasyaratan. Salah satunya, aktivitas luar ruang lewat unit kegiatan mahasiswa pecinta alam.

Saat mahasiswa, Ganjar muda menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Dia tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum. Semasa itu, Ganjar mendapatkan banyak pengalaman. Mantan anggota DPR RI ini juga sempat ikut menggotong jenazah sahabatnya di Pantai Parangtritis. Foto jadul Ganjar itu viral lantaran dikira penyanyi Mus Mujiono.

Semasa mahasiswa, Ganjar memang sudah tertarik dengan dunia politik. Dia mengaku paling suka dengan kegiatan demonstrasi. Ganjar pernah mendemo rektor UGM kala itu (periode 1986-1990) Koesnadi Hardjasoemantri.

Ganjar juga populer di kampusnya. Maklum, dia senang kongko-kongko di gelanggang mahasiswa UGM, tempat yang dijadikan pusat kegiatan para aktivis kampus.

Sembari menimba ilmu, Ganjar aktif dalam organisasi kemasyarakatan, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Semakin aktif di GMNI, Ganjar jatuh hati pada sosok Soekarno. Dari situ, Ganjar muda mulai menjadi simpatisan PDI (Partai Demokrasi Indonesia), sebelum muncul konflik internal pada tahun 1996.

Karir politik Ganjar terus meroket setelah menjadi anggota DPR RI periode 2004 - 2009. Lalu, dia kembali masuk gedung parlemen di Senayan, Jakarta untuk periode kedua, 2009 - 2014.

Baca Juga: Habis Operasi, Foto Tangan Ganjar Pranowo Berbalut Perban Dibanjiri Doa, Ini Alasan Gubernur Jateng Langsung Ngantor

Pada 2013, Ganjar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dia berpasangan dengan Heru Sudjatmoko. Keduanya diusung oleh PDI Perjuangan. Dalam pilgub Jawa Tengah, Ganjar dinyatakan sebagai pemenang. Duet Ganjar-Heru berhasil mengumpulkan total 48,82% suara.

Periode berikutnya, 2018-2023 Ganjar kembali maju dalam pemilihan gubernur. Sebagai petahana, Ganjar menggandeng Taj Yasin Maimoen, yang tercatat sebagai anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi PPP. Kedunya dinyatakan sebagai pemenang setelah mengantongi 58,78% suara.

Ganjar yang begitu aktif sejak mahasiswa kembali menjadi sorotan. Baru-baru ini, Ganjar diusulkan berduet dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam kandidat capres 2024 oleh Partai Nasdem. Duet Anies dan Ganjar juga disebut sebagai pemersatu bangsa.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest