Follow Us

Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Terpanggang Hidup-hidup dalam Bus, Jasad Korban Tragedi Paiton Sampai Harus Diawetkan Pakai Balok Es, Netizen Merinding Lihat Foto Dokumentasinya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 17 Juni 2022 | 13:46
Pulang dari Bali, siswa SMK Yapemda Yogyakarta terpangggang hidup-hidup dalam bus. Jasad korban Tragedi Paiton ini sampai diawetkan pakai balok es.
Facebook

Pulang dari Bali, siswa SMK Yapemda Yogyakarta terpangggang hidup-hidup dalam bus. Jasad korban Tragedi Paiton ini sampai diawetkan pakai balok es.

Fotokita.net - Sebanyak 54 penumpang bus pariwisata terpanggang hidup-hidup saat kendaraan yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan fatal. Jasad korban kecelakaan yang dikenal sebagai Tragedi Paiton itu sampai diawetkan pakai balok es. Netizen sampai merinding lihat foto dokumentasinya.

Peristiwa kecelakaan fatal yang kembali viral itu terjadi di Situbondo, Jawa Timur pada 8 Oktober 2003. Ketika sebuah bus pariwisata yang 54 orang itu mengalami kecelakaan fatal hingga terbakar hebat.

Seluruh penumpang nahas itu terpanggang hidup-hidup di dalam bus. Bahkan, jasad korban tragedi Paiton itu sampai harus diawetkan pakai balok es. Penumpang bus adaah rombongan dari Sekolah Menengah Kejuruan I Yayasan Pendidikan Generasi Muda (Yapemda) Yogyakarta. Mereka terdiri dari 51 siswa, 2 guru, dan 1 pemandu.

Bus pariwisata AO Transport AB-2660-CA mengalami kecelakaan di seputar PLTU Paiton. Hingga saat ini, peristiwa nahas itu lebih dikenal dengan Tragedi Paiton.

Sebelum mengalami nahas, bus itu baru saja dari Bali dan sedang melaju ke arah Probolinggo. Tetapi saat sampai tanjakan dekat pintu PLTU Paiton sekitar pukul 19.30 WIB, ada truk dengan nomor polisi L 8493 F melaju kencang dari arah berlawanan.

Pada 8 Oktober 2003 malam hari, terdapat sebuah bus yang mengangkut 54 siswa dan guru dari SMK Yapemda Sleman mengalami kecelakaan fatal di Situbondo, Jawa Timur.

Ketika itu, rombongan SMK Yapemda sedang melakukan perjalanan pulang ke Jogja setelah melaksanakan study tour dan wisata di Bali.

Baca Juga: Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Cuma Bertemu 4 Hari di Rumah, Ayah Anggota Brimob Ini Lemas Dapati Anaknya Pulang dalam Peti Mati, Air Matanya Basahi Foto Pahlawan Keluarga

Untuk pergi ke Bali, SMK Yapemda 1 Sleman menggunakan tiga bus. Saat perjalanan, bus ketiga sering mengalami sial di perjalanan, yaitu mengalami dua kali pecah kaca dan pernah pula tersangkut listrik.

Namun tak disangka, justru bus kedua yang mengalami kejadian sangat tragis. Bus AO Transport tersebut terbakar setelah truk kontainer memotong jalur dari arah berlawanan dan menabraknya.

Sejurus kemudian dihantam truk tronton dari belakang. Tangki truk tronton pecah, sehingga menyebabkan munculnya percikan api dan akhirnya merembet ke badan bus.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest