Follow Us

Pantas Polisi Sebar Foto Bukti Uang Miliaran, Ternyata Khilafatul Muslimin Dapat Dana dari Negara-negara Kaya, Ini Daftarnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:03
Khilafatul Muslimin simpan uang miliaran di kantor pusatnya. Ternyata ormas yang didirikan Abdul Qadir Baraja dapat dana dari negara kaya.
Facebook

Khilafatul Muslimin simpan uang miliaran di kantor pusatnya. Ternyata ormas yang didirikan Abdul Qadir Baraja dapat dana dari negara kaya.

Fotokita.net - Polisi menemukan uang miliaran rupiah saat menggeledah kantor pusat ormas Khilafatul Muslimin di Bandar Lampung, Lampung. Foto barang bukti berupa gepokan uang pecahan Rp 100 ribu itu sengaja disebarkan ke media online. Ternyata Khilafatul Muslimin dapat dana dari negara-negara kaya. Ini daftarnya.

Polisi kembali menangkap dua orang terkait Khilafatul Muslimin pada (11/6/2022). Kedua orang ini dikabarkan termasuk tokoh penting dalam ormas yang sempat membuat heboh dengan aksi konvoi Kebangkitan Khilafah.

"Dua orang ini merupakan tokoh penting di kantor pusat Khilafatul Muslimin," ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada awak media terkait penangkapan dua tokoh Khilafatul Muslimin. Kedua tokoh penting itu masih diperiksa di Polresta Bandar Lampung. Penangkapan dua orang tersebut hari ini menambah anggota Khilafatul Muslimin yang telah ditangkap jajaran Polda Metro Jaya.

Awalnya, polisi menangkap pimpinan tertinggi ormas Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Hasan Baraja di Bandar Lampung pada Selasa (7/6/2022) sekitar pukul 06.30 WIB. Dia lalu tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 16.17 WIB.

Saat ini, Abdul Qadir Baraja telah ditetapkan sebagai tersangka. Terkini, pendiri Khilafatul Muslimin yang pernah terlibat bom Candi Borobudur ini telah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap di Lampung terkait penyebaran berita bohong dan pelanggaran UU Ormas. Abdul Qadir Baraja dijerat dengan Pasal 59 ayat 4 juncto Pasal 82 ayat 2 UU RI Nomor 16 Tahun 2017 tentang Ormas dan Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan/atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Dia terancam hukuman dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Baca Juga: Bukan Cuma Duit Miliaran, Khilafatul Muslimin Ternyata Simpan Barang-barang Berbahaya Ini, Polisi Sebarkan Foto Barbuknya

Selain itu, polisi menemukan adanya dana operasional yang cukup besar dari ormas tersebut. "Uang operasionalnya cukup besar. Ini pertanyaan besar yang harus kita jawab jadi proses penyelidikannya lanjut," kata Kombes Hengki Haryadi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (7/6/2022).Hengki mengatakan proses penyelidikan ormas Khilafatul Muslimin tidak akan berhenti pada penangkapan Abdul Qadir Baraja. Aliran sumber dana ormas tersebut kini bakal diusut penyidik.

"Ke depan kita masih akan kembangkan. Ini organisasi yang cukup besar. Belum lagi kita akan selidiki sumber dana dan sebagainya," kata Hengki."Dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan (Khilafatul Muslimin) ini banyak sekali. Jadi penangkapan hari ini adalah titik awal daripada membongkar organisasi ini. Ada kita analisis dari buletin yang sampai sekarang sudah 80 edisi setiap bulan itu muncul ada percetakannya ada dari selebarannya," ujar Hengki.Dalam penyelidikan lanjutan, polisi kembali menggeledah kantor pusat Khilafatul Muslimin di Bandar Lampung. Sejumlah barang bukti di lokasi disita polisi.Salah satu barang bukti yang disita adalah uang dengan nominal miliaran rupiah. Uang miliaran rupiah itu ditemukan ketika polisi menangkap dua tokoh penting ormas Khilafatul Muslimin di Lampung.Dari foto barang bukti yang disebarkan itu terlihat tumpukan uang miliaran tersebut. Tampak barang bukti uang itu terdiri atas pecahan uang Rp 100 ribu. Pantas polisi menyebarkan foto bukti uang miliaran, ternyata sumber dana Khilafatul Muslimin berasal dari negara-negara kaya. Ini daftarnya.

Baca Juga: Jadi Sorotan Satu Indonesia, BNPT Bikin Blunder Gegara Data Abdul Qadir Baraja, Foto Pendiri Khilafatul Muslimin Ramai Dibahas

Khilafatul Muslimin simpan uang miliaran di kantor pusatnya. Ternyata ormas yang didirikan Abdul Qadir Baraja dapat dana dari negara kaya.
Istimewa

Khilafatul Muslimin simpan uang miliaran di kantor pusatnya. Ternyata ormas yang didirikan Abdul Qadir Baraja dapat dana dari negara kaya.

1 2

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest