Follow Us

'Antum Sayang Pak Anies?' Ini Foto Tampang Peserta Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang Ngotot Pasang Bendera HTI

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 09 Juni 2022 | 10:12
Ini foto tampang peserta deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang ngotot memasang bendera HTI di panggung acara.
Facebook

Ini foto tampang peserta deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang ngotot memasang bendera HTI di panggung acara.

Fotokita.net - Acara Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 sempat diwarnai dengan ketegangan. Peserta deklarasi ngotot memasang bendera berkalimat tauhid warna hitam dan putih yang mirip atribut bendera HTI. Namun, panitia menurunkan bendera mirip HTI yang terpasang di panggung acara. "Antum sayang Pak Anies?" tanya panitia ke peserta.

Bendera mirip atribut HTI yang sempat terpasang di panggung acara deklarasi dukungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024 menjadi perbicangan hangat di media sosial. Pemasangan bendera bertulisan tauhid ini sudah membuat peserta deklarasi dan panitia ribut.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu (8/6/2022) di sebuah hotel di kawasan Pacoran, Jakarata Selatan. Kelompok yang menamakan diri 'Majelis Sang Presiden Kami' ini awalnya menggelar acara deklarasi dukungan Anies nyapres 2024.

Panitia beralasan mereka tak mau Anies kejebak. Kelompok ini menggelar deklarasi Anies sebagai calon presiden (capres) 2024 di di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). Judulnya "Sang Presiden Kami Anies Baswedan".

Mulanya beberapa bendera sempat dipasang peserta deklarasi di panggung acara. Di antara bendera Merah Putih terdapat bendera berkalimat tauhid warna hitam dan putih di sebelah pemimpin acara. Lalu ada sedikit ketegangan ketika acara hendak dimulai disebabkan bendera berkalimat tauhid ini.Bendera tersebut terpasang sejak sebelum acara dimulai. Namun, sebelum acara dimulai sempat ada ketegangan karena panitia meminta agar bendera berkalimat tauhid yang dipasang peserta itu diturunkan. Panitia yang meminta bendera tersebut diturunkan menyebut bendera tauhid hitam putih itu sebagai bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).Sebelum acara dimulai, sempat ada ketegangan antar panitia dan peserta. Mereka saling berteriak satu sama lain. "Itu kalau mau lepas, ana umat Islam!" teriaknya.

Baca Juga: Dipolisikan Gegara Unggah Foto Anies Pakai Baju Adat Papua, Lawan Main Peggy Melati Sukma Ini Musuh Bebuyutan Hotman Paris, Nama SBY Sampai Dibawa-bawa

Lantas, panitia mengatakan pemasangan bendera tersebut akan mencoreng Anies Baswedan. Selain itu, pemasangan bendera itu ditakutkan akan membuat persepsi yang keliru. "Antum sayang Pak Anies? Kita nggak mau Pak Anies kejebak," teriaknya."Jangan sangkut pautin bendera tauhid itu bendera HTI," balas peserta itu kepada panitia."Saya bilang, kami nggak mau Pak Anies terjebak gegara bendera itu!" balas panitia.Alhasil, keempat bendera tersebut telah diturunkan oleh pihak panitia. Tak ada lagi bendera bertuliskan kalimat tauhid di lokasi ini, hanya tersisa bendera merah putih. Di akhir acara, salah satu deklarator, yaitu Alif Akbar bin Abdurahman Al Yamani, mengklarifikasi keributan tersebut."Kalau itu bentuk kecintaan kita satu sama lain, saling mengingatkan, bukan satu hal yang dibesar- besarkan," kata Alif yang mengaku sebagai eks simpatisan Front Pembela Islam (FPI) ini.

Foto tampang peserta deklarasi yang ngotot memasang bendera HTI itu tersebar luas di media sosial. Sebab, rekaman ketegangan antara panita dan peserta deklarasi yang ingin memasang bendera HTI itu beredar ke mana-mana.Polisi yang mendapat informasi terkait bendera 'HTI' ini kemudian turun ke lokasi. Polisi mengamankan bendera 'HTI' di lokasi deklarasi di hotel di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan itu.

Baca Juga: Ini Foto Tsamara Amany Salaman Anies Baswedan yang Diviralkan Sebagai Antek Yaman, Anggota DPR Sampai Turunkan Tim Investigasi

Ini foto tampang peserta deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang ngotot memasang bendera HTI di panggung acara.
Facebook

Ini foto tampang peserta deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang ngotot memasang bendera HTI di panggung acara.

"Jadi kita sedang melakukan pendalaman. Jadi begitu ada informasi seperti itu, kita kebetulan langsung di TKP itu kita amankan benderanya. Saat ini sudah diamankan di Polres," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi wartawan, Rabu (7/6/2022).Polisi juga telah meminta keterangan sejumlah orang di lokasi. Saat ini polisi masih melakukan pendalaman terkait kejadian pengibaran bendera HTI di deklarasi Anies jadi capres ini."Kita sudah mintai keterangan beberapa orang, proses masih berjalan. (Selain panitia), dari sekuriti juga," imbuhnya.Tidak hanya itu, polisi juga memintai keterangan panitia penyelenggara serta petugas keamanan terkait pemasangan bendera HTI tersebut. "Masih dilakukan interogasi terhadap petugas keamanan dan panitia," kata Kombes Budhi Herdi.Budhi mengatakan saat ini pihaknya tengah mendalami kasus tersebut. Namun dia memastikan acara tersebut memiliki izin keramaian. "Jadi kita sedang melakukan pendalaman. Setahu saya memang sudah ada izin keramaiannya," ujarnya.Polisi menelisik lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang disebut-sebut sebagai penyelenggara kegiatan tersebut."Jadi lewat informasi dari beberapa media yang kita pantau, maupun kita sudah ke lokasi. Sampai saat ini kita tengah melakukan pemeriksaan," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit kepada wartawan di Polres Jaksel, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest