Follow Us

Punya Darah Pejuang, Foto Haji Lulung di Makam Ayah Jadi Sorotan, Ini Alasan Ahok Enggan Minta Maaf ke Tokoh Tanah Abang

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 14 Desember 2021 | 19:19
Foto Haji Lulung yang tergolek lemah di ranjang rumah sakit sudah membuat netizen syok. Ahok beri komentar ini.
Facebook

Foto Haji Lulung yang tergolek lemah di ranjang rumah sakit sudah membuat netizen syok. Ahok beri komentar ini.

Fotokita.net - Politikus Abraham Lunggana atau Haji Lulung ternyata memiliki darah pejuang kemerdekaan. Itu sebabnya, foto Haji Lulung di makam ayah menjadi sorotan netizen di media sosial. Namun, mantan seteru politiknya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok enggan minta maaf kepada tokoh Tanah Abang itu.

Pada Selasa (14/12/2021) warga Betawi berduka. Mereka kehilangan salah satu tokoh yang selama ini dianggap panutan, Haji Lulung. Tokoh Tanah Abang yang juga Ketua DPW PPP DKI Jakarta telah meninggal dunia. Kabar duka ini diumumkan oleh Sekjen PPP Arwani Thomafi.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah Haji Lulung Lunggana meninggal dunia hari ini Selasa 14 Desember 2021 jam 10.51 WIB di RS Harapan Kita Jakarta. Mohon doanya agar beliau di terima amal ibadahnya. Husnul Khotimah," kata Arwani.

Sebelum tutup usia, Haji Lulung sempat menjalani perawatan di RS Harapan Kita selama beberapa lama. Bahkan, dia sempat mengalami kritis usai mendapatkan serangan jantung.

Dari profil yang banyak beredar, Haji Lulung rupanya memiliki ayah yang menjadi salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia. Itu sebabnya, foto Haji Lulung di makam ayah menjadi sorotan. Ayah Haji Lulung dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta bersama banyak pejuang kemerdekaan lainnya.

Baca Juga: Innalillahi, Haji Lulung Meninggal Dunia, Foto Bareng Ahok Tinggal Kenangan, Akhirnya Akui Kehebatan Suami Puput Nastiti

Haji Lulung sempat mengunggah foto dia saat mengunjungi makam sang ayah. Dalam foto yang diunggah di akun Instagram miliknya, Haji Lulung menerangkan sedikit latar belakang ayahnya ikut berjuang dalam kemerdekaan bangsa ini.

Foto Haji Lulung di makam ayahnya sengaja diunggah untuk sekaligus memperingati Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. "Di usia 48 Tahun Almarhum Ayahanda TB Abdul Rachim Bin TB Tjilang wafat tepatnya pada tanggal 5 Februari 1975 dan di makamkan di taman makam pahlawan Kalibata," tulis Haji Lulung di akun Instagram miliknya seperti dikutip Fotokita.net.

Dia lalu melanjutkan cerita, "Alm ayahanda ikut berjuang dalam kemerdekaan RI beliau bergabung di kesatuan angkatan darat dengan pangkat terakhir pembantu letnan satu / peltu. Insya Allah kami sekeluarga akan meneruskan perjuangan alm ayahanda dalam meneruskan cita cita proklamasi bangsa Indonesia. Selamat Hari Pahlawan. 10 November 1945-2019."

Ayah Haji Lulung bergabung dalam BKR, Badan Kemanan Rakyat, cikal bakalnya TNI( Tentara Nasional Indonesia) sekarang ini. Selain memiliki darah pejuang, ternyata Haji Lulung juga masih anak keturunan, dari garis Ibu, KH Abdullah Syafi'i, pendiri Perguruan Islam Asyafiiyah. Perguruan ini sudah punya nama besar di Tanah Air.

Baca Juga: Foto Haji Lulung Dibuat Koma Sudah Dibantah, Ahok Beri Komentar Begini

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest